Skip to main content

Cara Mudah Membuat Fidget Spinner


Apa Itu Spinner - Pernah melihat seseorang memainkan suatu permainan seperti sedang memutar roda? itulah Fidget Spinner, sebuah permainan yang saat ini sedang populer dan viral dimana-mana. Mungkin bagi Anda yang baru mengenal permainan ini, Anda akan berfikir bahwa memainkan permainan ini hanyalah menghabiskan waktu. Namun sebelum Anda berfikir demikian, ada satu hal yang perlu Anda ketahui, yakni ternyata memainkan permainan fidget spinner memiliki banyak manfaat, terutama untuk menghilangkan stress.

Sebelum membahas manfaat fidget spinner lebih jauh, mungkin Anda perlu mengetahui dari mana mainan ini berasal. Fidgeting sendiri diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti gelisah, yang dimana secara ilmiah adalah tindakan bergerak yang secara tidak sadar dilakukan seseorang akibat kegelisahan,kebosanan atau kombinasi dari keduanya. Fidget sendiri pada umumnya disebabkan oleh oleh gen sejak lahir atau bisa juga akibat dorongan alam bawah sadar seseorang.

Berikut adalah tutorial bagaimana cara membuat fidget spinner


1. Spinner Dari Rantai
Bahan Bahan Membuat Spinner:
 - Tali kabel tis
 - Bearing
 - Rantai dengan panjang 14 biji
Cara membuat :
 - Bentuk rantai melingkar hingga ketemu ujung ke ujung lalu masukkan tali kabel tis ke dalam rantai sampai ujung, ikat tali dengan kuat. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelas.




 - Selanjutnya Masukkan bearing ke dalam lingkaran rantai, tarik lagi tali kabel tis untuk memastikan rantai mencekram kuat bearing, setelah itu potong ujung tali agar lebih rapi.



 - Selesai, selanjutnya fidget spinner sudah siap di putar. Untuk permainan ini harus benar benar mendapatkan arahan dari orang tua, karena kalau tangan masuk dan susah di keluarkan dari bearing akan berakibat fatal. Bayangkan saja apa yang akan terjadi.

2. Spinner LED
Bahan Bahan Membuat Spinner :
 - 1 Buah Bearing
 - 3 Tutup Botol
 - 3 Lampu LED beda warna sesuai dengan kesukaan
 - 3 Baterai Lithium 3V beserta pegangan
 - Lem lilin
Cara Membuat :
 - Lobangi tutup botol seukuran lampu LED, setelah ketiga tutup botol di lobangi masukkan lampu 1 lampu LED ke 1 tutup botol. Lalu lem bagian dibagian dalam biar lampu di bergerak.


 - Selanjutnya siapkan pegangan baterai untuk di tempel atau di lem di bagian pinggir, ini juga sama yaitu 1 pegangan untuk 1 tutup botol. setelah ke tiga tiganya di lem isi penuh tutup botol dengan lem. sehingga semua terkunci dengan kuat. Lihat gambar di bawah.


 - Langkah terakhir mengelem ketiga bagian yang sudah jadi ini ke bearing yang sudah di siapkan, jangan lupa cuci bersih dulu bearing sebelum di pakai. Semua proses lem menggunakan lem lilin, apabila sudah di lem semua ke bearing Fidget Spinner sudah siap di gunakan.


Sebelum menggunakan pasang dulu baterai, dan selajutnya putar spinner dalam ruangan gelam atau pada malam hari. Ternyata mudahkan membuat Fidget Spinner, sekian tips dan trick cara membuat spinner, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar