Skip to main content

Belajar Cara Membuat Website


Belajar membuat Website copyright David Odang - Untuk belajar membuat website, pertama yang harus di pikirkan adalah apa tujuan dari pembuat website itu sendiri. Dengan mengetahui tujuan dari pembuatannya maka kita akan tahu website jenis apa yang kita buat, bagaimana cara mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara pembuatannya.

Perlu di ketahui ada banyak macam macam jenis dari website seperti website yang hanya 1 halaman saja, website yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, website sistim blog yang saya pakai sekarang, website yang menggunakan sistim CMS (Content Management System) seperti Joomla, website forum diskusi, website iklan baris, website komunitas friendster seperti Facebook.
Setelah tahu pasti dari tujuan pembuat website kita lanjutkan ke tahap persiapan belajar membuat website.

Untuk membuat website ada 3 bagian utama yang harus di pahami.
1. DOMAIN
2. HOSTING
3. SOFTWARE WEBSITE.

1. DOMAIN

Domain adalah alamat dari sebuah website atau bisa juga di sebut dengan nama website, di internet untuk membuka sebuah website kita harus mengetikkan nama dari website tersebut. Nama tersebut yang di sebut sebagai Domain, domain terdiri dari nama domain dan extension domain.
Extention terdiri dari bermacam macam, ada extension TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org. Dan juga ada extension cTLD (Country Top Level Domain) seperti .co.id, co.cc, dll.
Untuk bisa mendapatkan nama domain TLD kita harus membeli pada jasa penyediam layanan registrasidomain baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Untuk pembelian di luar negeri kita harus memiliki kartu kredit atau akun Paypall.
Di dalam negeri sendiri banyak sekali penyedia layanan registrasi domain, anda bisa lakukan dengan pencarian di google.

2. HOSTING

Hosting adalah tempat penyimpanan file file dari website di sebuah server yang terhubung dengan internet, jadi agar website bisa di tampilkan anda perlu memiliki paket dari hosting. Untuk memiliki paket hosting anda juga bisa membeli sekali bersamaan dengan domain, karena penyedia layanan jasa registrasi menyediakan semuanya untuk kebutuhan website kita.

Dalam memilih Hosting ada beberapa yang perlu di perhatikan :

A. Sistem server yang di gunakan Linux apa Windows, hal ini menetukan bahasa dan pemrograman dari website. Dan kebanyakan website menggunakan Server Hosting Linux.

B. Besaran disk space yang di berikan, Disc space adalah kapasitas pada server hosting yang di berikan untuk menyimpan file file website.

C. Besaran Bandwith yang di berikan, Bandwith adalah kapasitas akses website setiap bulan. Setiap orang yang membuka dan download file di website anda maka hal itu memerlukan bandwith.

D. Domain Allowed, jumlah domain yang di berikan untuk 1 paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 paket hosting untuk semua domain yang di miliki sesuai kapasitas dari paket hosting.

E. Jumlah data base yang di ijinkan, contoh untuk Linux, berapa jumlah data base MySQL yang di ijinkan.

3. SOFTWARE WEBSITE

Bila Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa googling di
internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh website yang
Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.

Anda dapat mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan
software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source seperti blog
wordpress, joomla, phpbb, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa membuat website yang sama.
Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis websitenya, bukan mencopy tampilan, dan
isi (content) websitenya, hal tersebut tidak diperbolehkan.

Itulah 3 hal yang perlu di ketahui dalam rangka cara belajar membuat website.
Sekian tutorial sing saya kali ini semoga bermanfaat.
Selamat Mencoba!!!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar