Skip to main content

Makanan Terbaik Untuk Burung Kenari

Memiliki burung kenari gacor adalah harapan kicau mania. Untuk mewujudkannya, diperlukan pakan yang berkualitas. Cari tahu jenis pakannya di sini!

Berasal dari kelompok Finch, burung kenari mempunyai karakter suara yang nyaring. Namun, potensi genetik saja tidak cukup. Anda perlu memberikan asupan pakan dengan nutrisi seimbang.

Nutrisi tersebut meliputi protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin. Masing-masing memiliki manfaat penting bagi perkembangan suara kenari. 

Inilah tujuh jenis pakan terbaik yang dipercaya mampu membuat kicaunya makin gacor dan ngerol.

1. Kroto

Kroto merupakan telur semut rangrang yang tidak ditetaskan. Umumnya, dipanen setelah telur berumur 15-20 hari. Karena itu, pakan tersebut mengandung protein tinggi. Manfaatnya untuk meningkatkan stamina burung, memperbaiki pita suara, dan mempercepat pertumbuhan.

2. Bijian Mix

Kenari memang menyukai pakan berbentuk biji-bijian, salah satunya bijian mix. Campurannya berasal dari canary seed, egg food, milet merah, dan milet putih. Ciri-ciri biji yang bagus, antara lain tenggelam saat direndam, memiliki warna keabu-abuan, dan kulitnya mudah mengelupas.

Selain mempunyai rasa yang lezat, bijian mix pun mudah dicerna. Pakan ini sangat baik untuk menjaga vitalitas, meningkatkan volume suara, dan memperbaiki sistem pencernaan kenari. Anda bisa mendapatkan bijian mix di toko pakan burung atau langsung ke agennya.

3. Buah Apel

Kenari tak hanya menyukai biji-bijian. Burung ini juga menggemari buah, salah satunya apel. Senyawa tanin di dalamnya sangat berguna untuk membersihkan tenggorokan. Dengan demikian, suara kenari menjadi lebih bening dan nyaring.

Tak hanya itu, apel pun mengandung zat antioksidan yang mampu mengebalkan tubuh kenari dari serangan penyakit. Anda bisa memilih buah apel merah dengan rasa manis. Rasa ini akan memicu kenari untuk sering berkicau.

4. Telur Puyuh Rebus

Telur puyuh rebus memberikan asupan kalori sebesar 168 kkal untuk tubuh kenari. Jumlah ini lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas berat, seperti kontes dan latihan berkicau. Ditambah lagi, terdapat kandungan protein yang tinggi sebagai sumber energi alternatif. Selain itu, protein pun bisa memperbaiki kerusakan sel dan jaringan.

5. Ulat Hongkong

Belakangan ini, ulat hongkong menjadi sorotan kicau mania karena mengandung protein sekitar 48% dari total nutrisi. Namun, pemberian pakan tersebut tidak boleh berlebihan. Kenari yang terlalu banyak mengonsumsinya, berpotensi gemuk. Jika hal itu terjadi, kondisi tubuhnya melemah dan malas berkicau.

Teknik menyajikan ulat hongkong berbeda dengan kroto. Ulat hongkong harus diberikan dalam keadaan mati agar zat kimianya larut. Cara mematikannya, yaitu dengan mencelupkan ke dalam air hangat.

6. Daun Mengkudu Muda

Siapa sangka, daun mengkudu juga memberikan banyak manfaat pada kenari yang mengonsumsinya. Daun ini mengandung senyawa yang bisa menyembuhkan gejala serak di tenggorokan. Efeknya, suara kenari menjadi jernih, lantang, dan merdu.

Untuk kebutuhan pakan kenari, pilih daun mengkudu yang masih muda. Hindari memberikan daun mengkudu tua karena teksturnya keras dan sulit dicerna. Cara menyajikannya tidak jauh beda dengan sayur atau buah. Cukup dicuci memakai air bersih, lalu diletakkan di dalam kandang.

7. Biji Niger (Niger Seed)

Nama latinnya adalah Senirus canaria. Bentuknya berupa biji berwarna hitam yang mudah rapuh. Kandungan protein dan kalsiumnya sekitar 18%, sedangkan lemak sebesar 35% dari total nutrisi. Karena itu, biji niger menjadi pakan favorit untuk kenari.

Dengan mengonsumsi biji niger, kenari memiliki stamina kuat, bisa berbunyi dengan lantang, dan mempercepat mabung. Selain itu, tubuh kenari menjadi lebih kebal terhadap cuaca ekstrem. Pasalnya, biji niger mengandung senyawa yang bisa menghangatkan badan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar