Skip to main content

Perkutut Langka dan Unik Yang Diyakini Bikin Hoki Dan Sial

Jenis perkutut langka diyakini memiliki kekuatan gaib sehingga tak heran jika jumlahnya terbatas. Menurut pakar kejawen, ada beberapa jenis burung perkutut yang membawa keberuntungan dan ada pula yang membawa kesialan bagi pemiliknya.

Selain kekuatan gaib, beberapa jenis perkutut juga dipercaya memiliki beryoni dan khodam. Oleh sebab itu, pemeliharaan burung perkutut tak boleh dilakukan secara sembarangan. Dikhawatirkan hal tersebut akan berdampak buruk bagi orang yang memeliharanya.

Jenis Perkutut Langka

Anda pastinya merasa penasaran dengan apa saja jenis perkutut langka tersebut, kan? Maka dari itu, langsung saja anda simak beberapa jenisnya di bawah ini. Anda akan tahu perihal ciri atau karakteristik, suara khas, kebiasaan dan mitos yang dipercaya dalam budaya Jawa perihal perkutut langka tersebut.

1. Perkutut Putih

Salah satu jenis perkutut langka yang sebaiknya anda tahu yaitu perkutut putih. Jenis burung perkutut yang satu ini sudah dikenal semenjak zaman kerajaan Majapahit. Kala itu, perkutut putih hanya dipiara oleh pejabat saja. Namun kini ketersediaannya bisa ditemukan di pasaran meski jumlahnya sangat terbatas.

Mengenai mitosnya, bagi siapa saja yang memelihara perkutut putih secara baik akan hidup kaya. Kekayaan yang dimilikinya bisa berlangsung sampai perkutut putih yang ia pelihara meninggal. Namun hal tersebut tetap tergantung pada kepercayaan masing-masing.

Jenis perkutut langka yang bernama perkutut putih ini sebenarnya termasuk albino. Dimana hal tersebut berarti tak mempunyai pigmen warna kulit. Dengan demikian, seluruh bulu dan kulitnya berwarna putih.

Tak hanya itu, perkutut putih juga mempunyai paruh dan bola mata yang warnanya merah terang. Hal tersebut bisa anda temukan pada hewan dengan jenis albino lainnya. Sebagai jenis burung yang langka, anda tak bisa menemukan perkutut putih secara mudah. Kelangkaan perkutut putih itu sendiri dikarenakan fenomena albino yang jarang bermutasi.

2. Perkutut Songgo Ratu

Selain perkutut putih, jenis perkutut langka lainnya yaitu perkutut songgo ratu. Jenis perkutut ini memiliki tampilan jambul yang unik dan indah. Diketahui bahwa jambulnya berbentuk seperti mahkota yang terkesan mewah dengan warna biru semburat kecoklatan.

Disamping itu, perkutut songgo ratu memiliki kaki dan paruh yang bulunya berwarna hitam. Maka tak heran jika penampilan fisik perkutut songgo ratu tampak lebih mengagumkan jika dibandingkan dengan jenis burung perkutut lainnya.

Mengenai kicauannya, perkutut songgo ratu mengeluarkan suara dengan ciri khas yang tak begitu besar. Hanya saja, model lekukan kicauan yang dikeluarkan perkutut songgo ratu sama seperti halnya jenis burung perkutut pada umumnya.

Burung perkutut songgo ratu ini diyakini bisa berkomunikasi lewat mimpi. Selain itu, memelihara perkutut songgo ratu juga mendatangkan dampak positif dan negatif. Apabila cocok dengan pemiliknya, maka perkutut songgo ratu akan mendatangkan keberuntungan. Sementara jika tak cocok, maka pemiliknya akan sial terus.

Adapun keberuntungan yang akan didapatkan seperti kenaikan derajat, pangkat, melancarkan rezeki, kesan wibawa, hingga tolak bala. Sedangkan untuk kesialannya seperti kehilangan barang, dikucilkan, mendatangkan penyakit dan hal buruk lainnya.

Perlu untuk anda ketahui, perkutut songgo ratu diyakini sebagai titisan putra Raja Bali pada zaman Majapahit. Diceritakan bahwa putra Raja Bali dikejar musuh dan lari ke Desa Tutul yang ada di Blambangan, Banyuwangi. Namun mati terbunuh dan berubah menjadi perkutut songgo ratu.

Burung perkutut songgo ratu ini sendiri memiliki sifat tak suka berkeliaran karena hanya hidup di tempat yang sepi layaknya ningrat darah biru. Tempat tidurnya juga lebih tinggi daripada jenis perkutut lainnya. Tak hanya itu, perkutut songgo ratu juga membuat jenis perkutut lain merasa minder dengan kewibawaannya sehingga enggan bersuara.

Keistimewaan perkutut songgo ratu lainnya yaitu kemampuannya dalam berpuasa. Burung perkutut songgo ratu ini mampu menahan lapar dan haus sampai beberapa hari. Dimana hal tersebut tak bisa dilakukan oleh jenis perkutut lainnya. Burung perkutut songgo ratu memang menjadi kelompok kasta tertinggi dalam jenis burung perkutut.

3. Perkutut Hitam

Sesuai dengan namanya, jenis perkutut langka yang satu ini memiliki bulu berwarna hitam sehingga terkesan menyeramkan. Selain dinamakan perkutut hewan, burung perkutut ini juga dikenal dengan sebutan kol buntet. Nama yang unik untuk jenis burung dengan tampilan yang menarik ini.

Diyakini bahwa perkutut kol buntet ini menjadi rajanya perkutut. Burung perkutut kol buntet ini dipercaya berkaitan dengan kekuatan gaib. Bahkan perkutut kol buntet juga diyakini bisa memancarkan aura keberuntungan bagi orang yang memelihara dan merawatnya.

4. Perkutut Daringan

Selain orang yang berkeluarga, perkutut daringan juga banyak dipelihara oleh mereka yang ingin membuka usaha sendiri. Memelihara perkutut daringan diharapkan akan mendatangkan keberuntungan terhadap bisnis yang sedang dijalankan.

Mengenai karakteristiknya, burung daringan memiliki leher dengan motif bulu lurik yang terkesan unik dan indah. Di lehernya terdapat garis lurik yang berbentuk melingkar. Jika diperhatikan, garis lurik yang tak pernah putus tersebut mirip dengan kalung.

Banyak penghobi burung, khususnya pecinta perkutut yang bertanya-tanya mengapa perkutut daringan memiliki garis lurik pada leher yang tak ada putusnya. Diyakini bahwa hal tersebut menjadi simbol rezeki tak akan terus mengalir untuk pemiliknya. Bahkan rezekinya akan terus ada sampai tujuh keturunan tak akan habis.

5. Perkutut Lurah

Anda pastinya merasa heran mengapa jenis perkutut langka yang satu ini dikenal dengan sebutan perkutut lurah. Perlu untuk anda ketahui, perkutut lurah ini memang banyak dipelihara oleh penghobi burung yang mempunyai kedudukan.

Bukan tanpa alasan. Memelihara perkutut lurah diyakini bisa menambah aura kewibawaan yang tentu saja bermanfaat bagi orang dengan kedudukan tinggi. Sesuai dengan namanya, jenis perkutut ini juga banyak dipiara kepala desa.

Untuk tampilan fisiknya, burung perkutut lurah memiliki corak dengan warna lurik. Sementara di bagian dadanya terlihat berwarna lebih terang dan khas. Dari tampilannya, burung perkutut lurah ini memang menarik dan berwibawa.

Beralih ke kebiasaan uniknya, burung perkutut lurah hidup layaknya bos atau majikan. Hal ini dikarenakan perkutut lurah tak mencari makan sendiri. Diketahui bahwa perkutut lurah disuapi oleh burung lain layaknya majikan dengan bawahannya.

Selain beberapa jenis burung perkutut yang langka di atas, sebenarnya burung perkutut juga dikategorikan dalam jenis perkutut jawa, perkutut bangkok, perkutut maungeus dan masih banyak lainnya.

Bagi anda yang hobi atau ingin memelihara burung perkutut, ada baiknya anda ketahui apa saja jenis perkutut langka yang diyakini memiliki kekuatan gaib. Dengan demikian, anda bisa lebih mempertimbangkan apakah masih ingin memeliharanya. Jikalau iya, pastikan anda mengetahui ciri, kebiasaan dan mitosnya agar lebih mudah dalam memberikan perawatan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar