Skip to main content

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan Dan Betina

Selain cucak hijau kacer juga jenis burung yang banyak digemari oleh kicau mania, sebab burung kacer terkenal dengan suaranya yang bisa menirukan beberapa jenis burung lainnya dan jenis burung kacer juga merupakan jenis burung yang mudah beradaptasi. 

Tapi tentu saja kelemahan kacer adalah mudahnya mbagong atau kembung dibagian dada saat digantang. untuk kacer yang mbagong sebelumnya saya sudah pernah bahas jadi silahkan di artikel sebelumnya yang akan memberikan banyak informasi yang up to date bagi mendukung hobi anda khususnya hobi burung.

Cara membedakan Janis kelamin pada dasarnya sama, bisa dilihat dari bulu. 

Untuk warna burung pada kacer jantan biasanya lebih mengkilap dan bening saat tersorot matahari biasanya terlihat Glowing (bercahaya), sedangkan untuk kacer betina biasanya lebih kusam.

Pada bagian dada untuk jenis kacer poci jantan warnanya tetap hitam mengkilap sedangkan kacer betina berwarna abu-abu.

Untuk kacer jantan biasanya lebih gacor sedangkan kicauan yang betina lebih monoton.

Jika pada jenis burung lain postur tubuh jantan biasanya lebih pendek atau slim tapi berbeda pada jenis kacer, postur tubuh yang jantan biasanya lebih besar dan lebar sementara yang betina lebih kecil.

Pada saat trotol bagian dada kacer jantan di dominasi oleh warna trotol hitam dan kombinasi dengan warna putih kekuningan, sementara betina kombinasinya trotol dengan warna putih abu-abu. 

Jadi jangan salah ya, ternyata kacer juga bisa dideteksi dari trotol dengan cara sederhana. Membedakan warna bulu pada dada.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar