Skip to main content

Ciri-Ciri Burung Lovebird Siap Lomba

Saat ini pencinta lovebird atau yang lebih dikenal lovebirdlovers sudah tidak terhitung lagi jumlahnya entah itu komutias atau single fighter. Dari tahun ke tahun, burung paruh bengkok ini semakin banyak diminati karena memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya keindahan warna bulunya dan juga suara kekekan khasnya, dan ada juga lovebirdlovers yang suka lovebird berawal dari iseng saja. Yang pasti, burung cinta ini banyak disukai oleh kicaumania nusantara.

Selain untuk burung yang diikutkan dalam kontes burung berkicau lovebird juga dipelihara dengan tujuan yang bermacam-macam, ada sebagian kicaumania yang memakai lovebird sebagai burung masteran, ada pula yang ditangkar. 

Namun, khusus untuk lovebird yang diikutkan dalam lomba burung berkicau, tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum sobat mengikutsertakan lovebird polesan anda ke arena lomba. Untuk itu kami akan membahas tentang bagaimana ciri-ciri lovebird yang siap dilombakan dan kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan. Simak artikel ini sampai tuntas.

Ciri-ciri lovebird yang siap dilombakan, tentu saja modalnya bukan hanya soal suara, atau sudah gacor atau belum. Namun ada hal penting lain yang harus anda perhatikan sebelum lovebird ikut lomba. Sobat pasti bertanya. 

Mengapa demikian? Ok, jawabnya adalah karena lovebird memiliki tingkat birahi yang tidak stabil. Dan jika anda tetap memaksakan lovebird yang dalam kondisi belum siap untuk iktu lomba, maka lovebird tersebut akan sangat sulit mengeluarkan potensi-potensi yang ada pada lovebird tersebut. Dengan begitu lovebird milik sobat sangat sulit untuk menjadi yang terbaik dan meraih juara di arena lomba.

Bahkan hanya itu saja dampak jika kita memaksakannya untuk ikut lomba, terkadang penampilan di lapangan pun bisa sangat mengecewakan dan efek fatalnya lovebird bisa stress. Untuk itu kita harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melombakannya dan bagaimana memahami ciri-ciri lovebird yang siap lomba. 

Tips-tips yang akan kami berikan ini berdasarkan pengalaman dan pengakuan para lovebirdlovers master yang sukses menjadikan lovebird jagoannya sebagai jawara.

Lovebird siap dilombakan memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa anda amati poda lovebird milik sobat, apakah sudah siap lomba atau belum.

Berikut ini informasi lengkap ciri lovebird siap lomba

Usia lovebird.

Masalah  usia, lovebird memang bisa ikut lomba meskipun usianya baru 3 atau 4 bulan. Tetapi sebenarnya lovebird berusia muda belum ideal untuk diikut lomba. Alangkah baiknya lovebird yang diikutkan lomba sudah berumur 6 bulan ke atas karena lovebird diusia ini sudah stabil secara fisik dan mentalnya.

Kondisi kesehatan.

Lovebird bisa dikatakan siap dilombakan jika sedang dalam kondisi fit. Lovebird yang sehat akan top perform di lapangan. Jangan sampai memaksa lovebird untuk dilombakan jika sedang molting atau mabung.

Kondisi birahi.

Lovebird yang baik untuk lomba adalah lovebird dengan tingkat birahinya yang stabil. Artinya, jika lovebird yang sedang tidak stabil atau over birahi maka penampilannya akan mengecewakan. 

Meskipun over birahi lovebird akan tetap ngekek, tetapi akan mengurangi penilaian juri terhadap lovebird yang dilombakan dalam kondisi serperti ini.

Rajin bunyi.

Lovebird yang siap lomba bisa juga diamati dari intesnsitas ngekeknya, jika rajin ngekek. Entak ngekek dengan durasi panjang atau pendek sambil berdiri di atas tangkringan/tenggeran. Atau bisa juga kita amati dari gesture tubeh dan gerakan sayapnya. 

Kalau burung sering mengepakkan sayap dengan ujung sayap menyilang, berarti lovebird milik sobat sudah siap lomba.

Lovebird latah.

Latah disini maksudnya adalah lovebird mudah terpancing oleh lingkungan di sekitarnya,. Biasanya lovebird yang siap lomba akan langsung menyahut atau membalas kekekan jika mendengar burung lovebird lain yang sedang ngekek. 

Biasanya lovebird yang kondisi mentalnya bagus sering melakaukan balasan kekekan dengan membusungkan dada jika mendengar tepuk tangan atau kekekan burung lovebird lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar