Skip to main content

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Akurat


Pecinta burung lovebird kadang kala mengalami beberapa masalah dan kesulitan kesulitan bagaimana mengetahui jenis kelamin burung lovebird. Padahal untuk mengetahui ciri ciri lovebird jantan dan betina tergolong sangat mudah.

Namun memang hal yang sangat wajar para pecinta lovebird tidak mengetahui jenis kelamin lovebird, tetapi tidak hanya pecinta lovebird saja yang kesusahan namun kebanyakan para pecinta burung juga susah untuk mengetahui jenis kelamin burung yang mereka punya.

Intinya bukan hanya burung lovebird saja yang susah untuk dibedakan jenis kelaminnya namun hampir semua jenis burung susah untuk dibedakan jenis kelaminnya.

Akan tetapi untuk kali ini kami akan membagikan info ciri ciri lovebird jantan dan betina terlebih dahulu baru nanti di postingan berikutnya kami akan membagikan info mengenai ciri ciri jenis kelamin burung yang lainnya.

Untuk membedakan burung lovebird kelamin jantan dan betina memang tergolong sangat mudah bagi yang benar benar sudah berpengalaman untuk tingkat kesulitan membedakan jenis kelamin burung lovebird itu dibagi 3 yaitu :

1. Kelompok Dimorfik

Tingkat kesulitan dimorfik yaitu suatu tingkat dimana untuk membedakan kelamin burung lovebird sangat mudah, jenis burung lovebird yang dapat di bedakan menurut kelompok dimorfik yaitu :

2. Kelompok Intermediate

Kelompok intermediate memiliki arti tingkat kesulitannya tergolong cukup sulit ketimbang kelompok dimorfik, ada beberapa jenis burung lovebird yang dapat dibedakan menggunakan kelompok intermediate yaitu : Lovebird Black Collared

3. Kelompok Kaca Mata

Tingkat kesulitan yang terakhir yaitu kelompok kaca mata atau dalam artian tingkat kesulitannya memang cukup tinggi pasalnya ada beberapa jenis lovebird yang memiliki jenis kelamin tidak menentu.

Adapaun jenis burung lovebird yang termasuk ke dalam kelompok kaca mata yaitu :

Lovebird Pipi Hitam
Lovebird Topeng
Lovebird Fischer
Lovebird Nyasa

Diatas kami telah menyajikan info tingkat tingkat kesulitan membedakan jenis kelamin lovebird nah untuk membedakan jenis kelamin ada cara yang dapat pecinta burung lakukan yaitu dengan melihat fisik secara detail dan jeli seperti beriikut ini :

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Bentuk Fisik

1.  Bentuk Paruh

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang pertama dapat dilihat dari bentuk paruhnya. Bentuk paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dan cenderung kecil. Sementara itu, lovebird betina memiliki paruh yang tumpul, melebar dan besar.

2.  Ukuran Tubuh

Lovebird jantan dan betina bisa dibedakan dari ukuran tubuhnya. Tubuh lovebird jantan cenderung lebih kecil, sedangkan lovebird betina lebih besar. Selain itu, kepala lovebird jantan berbentuk cepak dan lovebird betina berbentuk melengkung.

3.  Lubang Hidung

Lubang hidung lovebird bisa digunakan sebagai cara membedakan lovebird jantan dan betina. Caranya, tiup bagian hidung lovebird untuk melihat bentuknya. Jika lubang hidung lovebird berbentuk lonjong, dapat dipastikan bahwa lovebird berjenis kelamin jantan. Sebaliknya, jika berbentuk bulat lebar, lovebird tersebut adalah betina.

4.  Bentuk Sayap

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang ke-empat adalah dengan melihat bentuk sayapnya. Ujung sayap lovebird jantan biasanya berbentuk menyilang, atau tindih menindih satu sama lain. Sementara itu, lovebird betina memiliki ujung sayap yang sejajar dan tidak menyilang.

5. Bentuk Ekor

Jika sebelumnya melihat bentuk sayap, membedakan lovebird jantan dan betina bisa dilakukan dengan melihat bentuk ekornya. Ekor lovebird jantan cenderung berbentuk runcing, sedangkan ekor lovebird betina lebih rata dan lebar.

6.  Lingkar Klep Kacamata

Mengetahui jenis kelamin lovebird bisa dilakukan dengan cara memeriksa lingkar klep kacamata alias bagian putih di sekitar mata. Meski kadang tidak terlihat, namun cara ini bisa dilakukan sebagai alternatif.

Lovebird jantan akan memiliki lingkar klep kacamata berbentuk oval atau lonjong. Sedangkan lovebird betina memiliki lingkar klep yang bulat.

7. Bentuk Anus

Bentuk anus lovebird jantan umumnya berbentuk lebih kecil seolah-olah terlihat menonjol. Sedangkan lovebird betina memiliki anus yang lebih lebar dan terlihat rata.

8. Tulang Pubis

Cara membedakan lovebird jantan dan betina yang selanjutnya adalah jarak antar dua tulang pubis burung lovebird. Dua tulang pubis lovebird jantan terasa menyempit saat diraba. Lovebird betina memiliki tulang pubis yang elastis sehingga jarak antar keduanya lebih lebar.

9. Cara Bertengger

Meski lovebird betina lebih besar daripada yang jantan, saat bertengger lovebird jantan terlihat lebih besar. Hal ini karena lovebird jantan bertengger dengan kaki agak merapat. Sedangkan kaki lovebird betina dilebarkan sehingga terlihat lebih pendek.

10.  Cara membangun sarang

Burung lovebird yang tidak dipelihara biasanya akan membangun sendiri sarangnya. Jenis kelamin Lovebird bisa dilihat dari cara membangun sarang. Misalnya, lovebird betina lebih aktif mengambil serpihan-serpihan bahan dan mengumpulkannya untuk dijadikan sarang.

11.  Tingkah Laku saat Birahi

Seperti yang telah diketahui, burung lovebird adalah spesies burung yang hanya memiliki satu pasangan sepanjang hidupnya. Mereka tidak bisa hidup tanpa hadirnya pasangan sehingga mereka harus selalu hidup berdampingan.

Jenis kelamin burung lovebird bisa dilihat dari tingkah laku mereka saat sedang birahi. Ciri khas tingkah laku lovebird jantan yaitu mendekati betinanya dan manggut-manggut. Selain itu, lovebird jantan juga akan mengeluarkan suara berbunyi tek tek tek atau cit cit cit untuk menarik perhatian pasangannya.

Sementara itu, lovebird betina cenderung lebih suka menunduk dengan membentangkan sayapnya dengan lebar. Tingkah laku ini sering disebut dengan posisi “ngleper”. Lovebird betina juga akan menggigiti benda-benda yang ada di sekitarnya sebagai tanda bahwa mereka sedang menarik perhatian lovebird jantan.

Di bawah ini tabel lengkap Perbedaan antara Lovebird Jantan Dan Betina Lengkap


Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Secara Fisik

Perbedaan Lovebird Jantan Lovebird Betina
Kepala Cepak atau rata Melengkung atau cekung
Paruh Runcing, mancung dan kecil Cenderung tumpul, melebar dan besar
Hidung Berbentuk lonjong atau oval Berbentuk bulat lebar
Bentuk Klep Oval atau lonjong Bulat
Bentuk Tubuh Terlihat lebih kecil Terlihat besar
Warna Bulu Terlihat lebih terang Terlihat gelap atau kusam
Posisi Sayap Menyilang dan saling bertemu Tidak menyilang dan tidak bertemu
Ekor Mengerucut kecil dan runcing Lebar besar dan rata
Tulang Pubis Jarak antar tulangnya menyempit Jarak antar tulangnya melebar
Tulang Supit Terasa lancip, rapat dan keras Terasa lebih lunak dan elastis
Kloaka Bentuk bulat, kecil dan menonjol Bentuk oval, lebar dan rata
Posisi Bertengger Kedua kaki agak merapat Kedua kaki sering melebar


Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Saat Birahi

Perbedaan Lovebird Jantan Birahi Lovebird Betina Birahi
Kepala Sering manggut manggut Diam
Suara Ngekek Satu ketukan suara (kek tek tek atau cit sit cit ) Diam
Perilaku Suka meloloh dan menaiki tubuh lovebird betina Merunduk dan membuka sayap lebar-lebar
Posisi Bertengger Sering Mondar mandir dan melompati lovebird betina Diam
Kebiasaan Gesek gesek tangkringan Menggigit benda-benda di sekitarnya
Pembuatan Sarang Pasif (mengambil bahan sarang) Aktif (mengambil dan membangun sarang)


Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2-3 Bulan

Perbedaan Anakan Lovebird Jantan Anakan Lovebird Betina
Tulang Supit Keras, lancip dan lebih rapat Lunak dan tumpul
Posisi Supit Lebih tinggi dari tulang iga bawah Dibawah tulang iga bawah
Kepala Datar Cekung atau melengkung
Leher Simetris Leher pendek atau bentek
Paruh Pipih Melebar
Bentuk Tubuh Ramping Terlihat lebih besar
Posisi Berdiri Tegak dibagian dada Ndeprok dan mengangkang
Posisi Bertengger Kaki merapat Kaki melebar
Perilaku Suka caper, sering manggut-manggut kepala dan meloloh Diam, minta diloloh dan sering mengangkat bahan sarang
Kebiasaan Aktif (terbang kesana kemari) Pasif (sering didalam glodok)


Cara Membedakan Lovebird Klep Dan Non Klep

Perbedaan Lovebird Klep Lovebird Non Klep
Lingkaran Mata Berwarna putih dan tebal Berwarna putih dan tipis/tidak ada
Paruh Warna merah atau kemerahan Warna kuning atau putih
Suara Ngekek panjang dan cepat gacor Ngekeknya kurang panjang
Bentuk Tubuh Terlihat kecil Lebih besar
Masa Bertelur 8-9 bulan 8-9 bulan
Variasi Warna Bulu Sedikit namun cerah (terlihat indah) Banyak (beragam warna) tapi kusam


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar