Skip to main content

Download MP3 Suara Burung Cucak Rowo Gacor Dan Ropel


Download Suara Cucak Rowo Gacor -Burung cucak rowo banyak diminati oleh penggemar burung kicau karena memiliki suara yang gacor dan ropel, sehingga bukan hal yang mengherankan jika harga burung Cucak Rowo dibandrol lumayan tinggi di pasaran terutama untuk burung yang telah berpengalaman dalam berbagai ranah kompetisi. Suara kicauan burung cucak rowo yang di pelihara di rumahan apabila di lakukan perawatan dengan baik akan menghasilkan suara yang jauh lebih baik dari suara cucak rowo hutan.

Sebelum kita mendownload suara burung cucak rowo yang ada di bawah ini, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa jenis burung cucak rowo dan cara perawatan yang baik. Apabila sudah mengetahui tentang burung cucak rowo, maka akan di ketahui bagaimana fungsi dari mp3suara cucak rowo.

Cucak rawa adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal umum sebagai cucakrawa (dalam bahasa Jawa dilafazkan sebagai [cucaʔ rɔwɔ]), cangkurawah (Sunda), dan barau-barau (Melayu). Dalam bahasa Inggris disebut Straw-headed Bulbul, mengacu pada warna kepalanya yang kuning-jerami pucat. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus zeylanicus ( sumber : wikipedia.com )

Berdasarkan asal daerahnya, terdapat 5 jenis burung cucak rowo di Indonesia. Setiap jenis memiliki karakteristik masing-masing sehingga tidak terlalu sulit untuk mengenalinya.

Berikut ini 5 jenis Cucak Rowo yang wajib Anda ketahui.

1. Burung Cucak Rowo Medan Dan Aceh

Postur tubuh cucak rowo medan berukuran relatif lebih besar, dengan tubuh yang terasa padat dan agak keras bila dipegang. Bulunya tampak bersih dengan warna hijau keabu-abuan dan sedikit kecoklatan. Hal ini memberikan kesan burung telah lama dipelihara walaupun baru ditangkap dari alam bebas.

Cucak rowo medan memiliki ciri khas suara yang keras dan berkesan berat namun tidak tebal. Bila didengarkan secara saksama, suara cucak rowo medan tidak atau kurang melengking/menjerit sehingga terasa seperti mengambang.

Cucak rowo medan merupakan jenis yang paling populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan jenis ini paling banyak membanjiri pasaran. Meskipun memiliki kekurangan pada kecepatan suaranya, cucak rowo medan dianggap lebih baik dibanding jenis lainnya.

Ciri Ciri Burung Cucak Rowo Medan Dan Aceh

Memiliki tubuh yang berukuran besar, padat dan berisi. Pada umumnya burung ini tampak sangat terawat, memiliki warna bulu hijau keabu-abuan dan terkadang sedikit gelap atau berwarna coklat.
Perbedaan paling mendasar dan paling mencolok antara Cucakrawa Medan dan Cucakrawa Aceh adalah bulunya. Cucak Rawa Aceh memiliki warna bulu kehijau-hijauan yang tidak terlalu kuat layaknya Cucakrowo yang berasal dari Medan sebaliknya.

2. Burung Cucak Rawa Kalimantan

Dalam dunia burung kicau, Cucakrawa Kalimantan tidak begitu diminati karena beberapa kelemahannya seperti, suaranya yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu memiliki banyak variasi, kualitas bulu yang tidak sebaik burung dari daerah lain, serta ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

Ciri Ciri Burung Cucak Rowo Kalimantan

Warna bulu yang kehijau-hijauan tidak tampak mencolok, atau bisa dikatakan sedikit pudar pada Cucak Rawa Kalimantan, tidak seperti Cucak Rawa yang berasal dari Sumatera yang terkenal dengan bulu dan suaranya yang bagus serta nyaring. Begitu juga dengan ukuran tubuhnya, juga sedikit lebih kecil dibandingkan dengan yang berasal dari Sumatera.

3. Burung Cucak Rowo Papua

Burung Cucak Rowo Papua yang juga dikenal sebagi burung Cucak Rotan merupakan salah satu spesies burung yang amat digemari oleh penghobi burung ini berasal dari Papua, nama resminya sendiri Pitohui dan masuk dalam keluarga Oriolidae.

Burung yang satu ini hidup berkelompok di hutan sekitaran Papua yang seringkali ditemukan di semak-semak, banyak ditemukan di tepian hutan sampai pada ketinggian 1.500 meter mdpl.

Ciri Ciri Burung Cucak Rowo Papua

Burung yang berasal dari Irian ini memiliki corak warna yang tidak terlalu bagus dan cenderung terlihat sedikit kusam. Begitu juga dengan perawakannya, ada beberapa Cucak Rowo yang memiliki perawakan tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan burung yang berasal dari Kalimantan maupun dari Sumatera.

4. Burung Cucak Rawa Lampung

Cucak rowo selanjutnya berasal dari lampung. Cucak rowo lampung ini memiliki karakteristik yang berbeda, salah satunya memiliki fisik yang lebih kekas dengan dada yang tegas. Burung cucok rowo lampung pun memiliki tubuh yang lebih besar. Untuk perpaduan warna lebih menarik dan didominasi dengan coklat tua. Pada bagian kepala juga berwarna coklat sementara untuk di bagian dada berwarna putih keabuan-abuan. Untuk sayapnya lebih dominan dengan warna coklat mudah dengan ab-abu keputihan dipinggiran sayapnya berwarna hitam. Cucak rowo medan memiliki suara kicauan yang khas, sehingga sangat cocok diikutkan pada perlombaan tertentu.

Ciri Ciri Cucak Rowo Lampung

Ukuran tubuh Cucak Rowo Lampung sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Cucak Rowo Medan maupun Cucakrawa Aceh. Fisik burung yang berasal dari Lampung terkenal kekar dan memiliki tulang sayap yang kokoh. Memiliki suara yang baik dan nyaring serta jernih mengkristal. Bulunya juga licin mengkilat.

Cara Membedakan Cucak Rowo Jantan Dan Betina

Perbedaan cucak rowo jantan dan betinadapat dilakukan dengan mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang ada, dan berikut di bawah ini beda cucak rowo jantan dan betina.

Ciri Cucak Rowo Jantan

1. Bentuk kepala cucak rowo jantan cenderung bulat. Selain itu, bagian dahi cucak rowo jantan agak menonjol, dan setelah memasuki usia dewasa, pada bagian kepala dapat ditemui adanya belahan bulu
2. Bulu ekor cucak rowo jantan terlihat cukup panjang
3. Bulu leher bagian depan, atau tepatnya di bawah dagu, memiliki warna yang putih bersih
4. Bulu punggung dan sayap cucak rowo jantan berwarna coklat ke abu-abuan dengan corat-coret berwarna putih
5. Bunyi kicauan cucak rowo jantan sangat nyaring dan keras
6. Penampilan cucak rowo jantan sangat lincah dan energik
7. Supit udang cucak rowo jantan sangat rapat dan keras
8. Tubuh cucak rowo jantan cenderung lebih besar

Ciri Cucak Rowo Betina

1. Bentuk kepala cucak rowo betina cenderung pipih. Selain itu, setelah usia cucak rowo betina menginjak dewasa, pada bagian kepala tidak terdapat belahan bulu.
2. Bulu ekor cucak rowo betina tidak panjang
3. Bulu leher bagian depan, atau tepatnya di bawah dagu, memiliki warna putih ke abu-abuan
4. Bulu punggung dan sayap cucak rowo betina berwarna coklat ke kuning-kuningan dengan kombinasi garis-garis pendek berwarna putih
5. Bunyi kicauan cucak rowo betina cukup nyaring tetapi tidak begitu keras
6. Penampilan cucak rowo betina tidak energik
7. Supit udang cucak rowo betina lebih renggang dan agak lemas
8. Tubuh cucak rowo betina lebih kecil

Cara Perawatan Burung Cucak Rowo

Pakan alamiah burung ini adalah serangga dan buah, jadi untuk burung cucak rowo yang di pelihara dalam rumahan perlu memperhatikan setingan pakan dan cara perawatan yang baij untuk burung cucak rowo.

Berikut Setingan pakan harian yang bisa di lakukan untuk burung cucak rowo

1. Makanan sehari-hari burung cucak rowo merupakan campuran dari buah dan serangga. Contohnya adalah, berikan pisang dan 3-5 ekor jangkrik atau pepaya dan voer.
2. Berikan Voer yang merupakan makanan instant bernutrisi lengkap dan mengandung vitamin sebagai makanan pokok.
3. Berikan kroto 1-2minggu sekali

Sementara berikut perawatan harian burung cucak rowo

1. Mandikan dan Jemur burung cucak rowo 2xhari sekali.
2. Memandikan burung fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran dan kuman yang melekat pada tubuh burung juga agar burung mendapat asupan vitamin D, burung ini bisa juga mandi sendiri, caranya adalah dengan meletakkan wadah yang cukup untuk dia mencelupkan diri. Akan tetapi, sebaiknya kita mandikan sja.
3. Penjemuran berfungsi untuk mencegah burung ini sakit,karena, sinar matahari membunuh bakteri dan virus, penjemuran sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum jam 10 pagi
4. Ada masa dimana burung akan merontokan bulu atau biasa disebut dengan masa mabung. Pada masa ini sebaiknya nutrisi burung lebih diperhatikan dan jumlahnya di perbanyak, pada masa mabung sebaiknya hindari burung ini bertemu dengan burung yang sejenis.
Kandang sebaiknya dibersihkan minimal 4 hari sekali.

Setelah kita mengetahui ciri ciri, perbedaan antara jantan dan betina juga cara perawatan burung cucak rowo, maka yang tak kalah penting dari hal di atas adala melakukan pemasteran burung cucak rowo. Ada dua jenis yang bisa di lakukan untuk melakukan masteran yaitu dengan menggunakan burung masteran atau bisa juga dengan cucak rowo mp3.

Berikut inisuara burung cucak rowo mp3 yang bisa di download sebagai masteran.

MP3 Suara Burung Cucak Rowo Durasi Panjang :Download
MP3 Suara Burung Cucak Rowo Ropel :Download
MP3 Suara Burung Cucak Rowo Juara :Download
MP3 Suara Burung Cucak Rowo Gacor :Download
MP3 Suara Burung Cucak Rowo Masteran 1 :Download
MP3 Suara Burung Cucak Rowo Masteran 2 :Download
MP3 Suara Burung Cucak Rowo Masteran 3 :Download
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar