Skip to main content

Jenis Jenis Dan Harga Burung Nuri


Jenis Dan Harga Burung Nuri di pasaran cukup tinggi namun sangat sepadan dengan keindahan yang dimilikinya, burung Nuri memang sangat terkenal di kalangan pecinta burung karena tubuhnya dihiasi dengan perpaduan banyak warna yang sangat cantik. Burung yang memiliki nama Latin Eclectus Roratus ini memiliki paruh bengkok, hal itu menandakan jenis makanannya yaitu berupa biji-bijian dan juga tingkat kecerdasan. Jenis burung nuri juga sangat beraneka macam, dan dari semua jenis burung nuri memiliki kecerdasan yang berbeda yang bisa bicara.

Di Bawah Ini Jenis Jenis Burung Nuri Beserta Harganya : 

1. Burung Nuri Pelangi

Nuri pelangi merupakan salah satu burung paruh bengkok yang terkenal di Indonesia, ia masih satu keluarga dengan nuri kepala hitam dan nuri bayan. Akan tetapi kicauan nuri pelangi tidak sebagus nuri bayan dan nuri kepala hitam. Karena suaranya cenderung kencang dan hanya jeritan biasa, sehingga tidak cocok dijadikan burung kicau.

Burung nuri pelangi berasal dari keluarga psittacidae (paruh bengkok), yang memiliki nama latin Trichoglossus haematodus. Saat ini burung nuri pelangi sudah banyak dibudidayakan masyarakat umum, namun sebenarnya habitat asli burung ini berasal dari semak-semak pantai dan hutan hujan yang ada di Indonesia, Papua Nugini dan Australia.

Daerah penyebaran burung nuri Pelangi

Anda bisa menemukannya di Australia bagian timur, tasmania barat laut dan queensland. Adapun di Indonesia anda bisa menemukannya di daerah timur, papua dan sekitarnya. Jadi kita sebagai warga Indonesia patut berbangga diri karena termasuk yang memiliki burung ini.

Ciri-Ciri Burung Nuri Pelangi

Meski tidak bersuara merdu, nuri pelangi tetap menjadi favorit banyak orang karena warna bulunya yang indah dan cantik. Sebut saja dia mirip pelangi, bisa anda lihat pada foto di atas, di bagian kepalanya berwarna biru yang nampak pas dengan paruhnya yang berwarna jingga, lalu bagian leher berwarna hijau kekuningan.

Ditambah warna hijau pekat tepat di atas punggung sampai melebar ke sayap, sedangkan bulu bagian dada berwarna merah dengan garis garis hitam kebiruan. Adapun panjang burung nuri pelangi sekitar 25-30 cm dan rentang sayap sepanjang 17 cm.

Burung Nuri Pelangi

Cara Membedakan Burung Nuri Pelangi Jantan dan Betina

Burung perkici pelangi merupakan burung monomorfik seksual yang artinya sedikit lebih sulit dibedakan jenis kelaminnya. Hal ini karena bentuk fisik mereka sama, warna bulu juga sama. Namun anda tetap harus bisa membedakan jenis kelamin keduanya supaya ketika akan membudidayakan hasilnya bagus dan sempurna.

Untuk itulah silakan ambil langkah di bawah ini untuk membedakan jenis kelamin burung nuri pelangi.

1. Nuri pelangi jantan memiliki dada lebih tebal daripada betina.
2. Warna bulu dada pada nuri pelangi jantan berwarna orange atau jingga gelap, sedangkan milik betina pudar, cerah dan sedikit kekuningan.
3. Nuri pelangi jantan lebih sering membusungkan dada saat makan dan melompati burung lain untuk mengambil makanan.
4. Kepala nuri pelangi jantan berbentuk agak persegi dan kepala betina lebih bulat.

2. Burung Nuri Kepala Hitam

Pencinta burung pasti tidak asing lagi dengan pesona burung yang satu ini. Nuri kepala hitam, itulah namanya. Burung nuri kepala hitam berasal dari daratan Papua, Ambon, dan Ternate. Mahkota burung ini berwarna hitam sehingga dinamakan nuri kepala hitam.

Nuri kepala hitam mempunyai tiga warna di tubuhnya. Warna merah menyelimuti dada atas dan kepala. Warna ungu melingkar di kepala bagian bawah hingga dada. Warna ini menyerupai bentuk kalung. Sementara sayapnya dipoles warna hijau dan merah dengan panjang 6,4 inci.

Burung Nuri Kepala Hitam banyak ditemukan di Papua dan menyukai berbagai jenis buah-buahan seperti pepaya, biji-bijian, kacang-kacangan serta wortel.

Burung Nuri Irian disebut juga burung Nuri Kepala Hitam pada saat dewasa berukuran cukup besar dan memiliki kelebihan pandai menirukan suara manusia serta suara burung burung lain. Selain itu, burung ini juga memiliki bulu yang terlihat cantik.

Burung nuri memang terkenal mudah untuk di kembangbiakan karena menganut sistem poliandri maupun poligami. Tidak hanya itu, burung yang bertelur sekitar 2 butir dalam sekali reproduksi ini perawatannya tidak terlalu sulit. Hanya saja, dibutuhkan kandang berukuran besar untuk menampung satu ekor Burung Nuri Irian atau satu pasang. Kandangnya setidaknya berukuran 1 meter X 1 meter x 2 meter.

Burung Nuri Kepala Hitam

Tidak sulit untuk mengetahui ciri-ciri burung ini karena terlihat sangat unik dengan kepalanya yang berwarna hitam layaknya menggunakan kopiah. Bagian paruhnya berwarna kuning kemerah-merahan dengan ujung berwarna kuning gading serta putih. Hampir di sekujur tubuhnya didominasi warna merah dan diselingi warna hitam di bagian punggung dan bagian leher.

Burung Nuri Kepala Hitam banyak ditemukan di Papua dan menyukai berbagai jenis buah-buahan seperti pepaya, biji-bijian, kacang-kacangan serta wortel.

Burung Nuri Irian disebut juga burung Nuri Kepala Hitam pada saat dewasa berukuran cukup besar dan memiliki kelebihan pandai menirukan suara manusia serta suara burung burung lain. Selain itu, burung ini juga memiliki bulu yang terlihat cantik.

Burung nuri memang terkenal mudah untuk di kembangbiakan karena menganut sistem poliandri maupun poligami. Tidak hanya itu, burung yang bertelur sekitar 2 butir dalam sekali reproduksi ini perawatannya tidak terlalu sulit. Hanya saja, dibutuhkan kandang berukuran besar untuk menampung satu ekor Burung Nuri Irian atau satu pasang. Kandangnya setidaknya berukuran 1 meter X 1 meter x 2 meter.

Perbedaan burung nuri kepala hitam jantan dan betina

Burung Nuri Kepala Hitam memiliki sedikit perbedaan antara burung jantan dan betina diantaranya adalah:

1. Burung jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung betina.
2. Ekor burung jantan lebih pendek dibandingkan dengan betina.
3. Burung Nuri Kepala Hitam betina memiliki kalung berwarna hitam di bagian lehernya.
4. Burung jantan biasanya memiliki warna bulu yang lebih tegas dan mengkilat dibandingkan dengan burung betina yang tidak mengkilat atau terlihat berwarna dop.

3. Burung Nuri Merah

Burung nuri merah, merupakan salah satu jenis burung kicau yang sudah cukup familiar dikalangan pecinta burung kicau.

Meskipun kepopuleran masih kalah jika dibandingkan dengan burung lovebird atau murai batu. Namun,sebagai salah satu burung kicau nuri merah juga kerap mempertontonkan kebolehannya dalam ajang burung kicau yang digelar. Daya tarik utamanya adalah kicaunya yang unik serta warna bikunya yang nyentrik.

Warna bulu yang didominasi oleh warna merah membuat penampakan visual burung nuri merah amat memikat. Selain itu juga warna yang mencolok membuat burung nuri merah memiliki nilai estetika yang cantik. Pesona inilah yang kemudian membuat burung nuri merah memiliki nilai ekonomis yanh cukup tinggi. Meskipun demikian , ternyata peminat burung nuri merah dari kalangan pecinta burung. Sehingga tentunya usaha budidaya burung nuri merah masih layak diusahakan dan potensial.

Burung Nuri Merah

Perbedaan Burung Nuri jantan dan betina

1. Pada Nuri Merah, apabila kita melihat ciri-ciri fisiknya, paruh burung jantan terlihat lebih tebal dibandingkan dengan burung betina.

2. Begitu juga dengan warna bulunya yang terlihat lebih cerah dan lebih bersih atau lebih rapi dibandingkan dengan burung betina yang tampak memiliki bulu kusam.

3. Pada saat berdiri, burung jantan lebih tegap dibandingkan dengan burung betina.

4. Burung Nuri Merah jantan ekornya lebih panjang dan dekat dengan kloaka, berwarna sedikit kuning pada saat masih muda.

5. Burung jantan juga memiliki gerakan yang lebih lincah dan lebih aktif serta memiliki ukuran kaki yang lebih besar dan kasar.

4. Burung Nuri Papua

Nuri ini merupakan jenis yang hidup berkelompok dan sering mencari makan di hutan pedalaman sampai pada ketinggian 460 meter dari permukaan laut. Namun di Supiori jumlahnya makin berkurang pada ketinggian di atas 200 meter. Mereka  suka bertengger di perkebunan kelapa serta di dekat hutan pesisir, tetapi tidak ditemukan di daerah bersemak rendah.

Nuri ini merupakan jenis burung yang suka berpindah-pindah sehingga menyulitkan untuk mengetahui jumlah sesungguhnya di alam, tetapi di Biak jumlahnya terus menurun khususnya antara tahun 1982 dan 1995.

Ancaman utama terhadap burung ini adalah penangkapan yang dilakukan secara besar-besaran untuk perdagangan, baik di dalam maupun di luar negeri, bahkan di Biak burung ini merupakan burung yang biasa dipelihara.

Ciri-cirinya secara umum adalah kepala besar, dan paruh bengkok tetapi kuat. Kakinya umumnya kuat dan lincah, dengan dua jari menghadap ke belakang. Bersarangnya untuk menyimpan telur dan membesarkan anak ditempatkan pada lubang pohon.

Sedang makanannya umumnya adalah buah-buahan, biji-bijian, dan tepung sari dari bunga-bunga. Burung ini bisa terbang dengan cepat, dan suara yang dikeluarkan berupa panggilan keras dan tajam.

Burung Nuri Papua

Ciri Fisik Burung Nuri Papua Jantan :

1. Memiliki warna bulu di bagian paha berwarna turkis dan juga terlihat kontras.
2. Pada bagian Warna bulu di bagian lehernya berwarna biru turkis dan akan terlihat melingkap serta menyambung tanpa putus.
3. Dapat di lihat pada bagian warna ulasnya akan terlihat lebih mengkilap bila di bandingkan dengan yang betina.
4. Ukuran pada bagian tubuhnya akan terlihat lebih kecil bila dibandingkan dengan yang betina.
5. Memiliki ukuran ekor yang lebih pendek bila dibandingkan dengan yang betina.

Ciri Fisik Burung Nuri Papua Betina :

1. Ukuran pada bagian bulu ekornya cenderung lebih panjang bila di bandingkan dengan yang jantan.
2. Memiliki ukuran tubuh lebih besar bila di bandingkan dengan yang jantan.
3. Memiliki warna pada bagian bulunya yang terlihat lebih gelap serta tidak kontras.
4. Di lihat dari segi warna cincin yang melingkar pada bagian lehernya cenderung terlihat putus tidak menyambung.

5. Burung Nuri Bayan

Burung nuri bayan merupakan jenis burung yang punya ukuran tubuh kurang lebih sekitar 40an cm. Terdapat perbedaan antara burung jantan dan juga betina.

Untuk burung jantan memiliki warna dominannya hijau dengan sedikit bercak merah yang ada pada bagian sayap sebelah dalam.

Kemudian untuk ciri khas burung nuri bayan betina memiliki warna utamanya merah dengan atau tanpa bercak ungu di bagian dada.

Kemudian warna kuning pada bagian ujung ekornya. Burung Nuri Bayan ataupun Eclectus Parrot (Eclectus roratus) memiliki ukuran sedang.

Panjang tubuh kurang lebih 38 cm dengan berat badan 375 – 550 gram. Salah satu keunikan dari ciri khas burung Nuri Bayan yaitu perbedaan mencolok pada warna bulu antara burung jantan dan juga burung betina.

Kebiasaan Unik Burung Nuri bayan

Selain ciri khas burung nuri bayan dengan perbedaan bulunya yang mencolok, burung Nuri Bayan (Eclectus roratus) juga dikenal memiliki beberapa kebiasaan unik yang lainnya.

Misalnya saja seperti kebiasaan selingkuh ataupun berganti pasangan yang berbeda dari pada biasanya. Sedangkan untuk kebiasaan burung paruh bengkok lainnya yang pada umumnya setia terhadap pasangannya.

Selain itu keunikannya juga kecenderungan induk yang membunuh anak jantan saat merasa terancam.

Burung Nuri Bayan

Ciri Ciri Nuri Bayan Jantan dan Betina

Nuri bayan memiliki ukuran tubuh medium, dengan panjang kurang lebih sekitar 40-43 cm dan berat sekitar 375 gram hingga 550 gram. Umumnya jantan lebih besar dibanding betina, namun hal ini tidak bisa menjadi patokan. Yang menjadi perbedaan mencolok antara jantan dan betina ialah warna bulunya.

Bulu nuri bayan jantan didominasi dengan warna hijau, beserta kombinasi warna merah dan biru di bawah sayap dan sisi dada. Lalu di bagian paruh atas berwarna jingga kemerahan dengan ujung paruh kuning. Atas dasar itu kadang nuri bayan jantan disebut nuri hijau, karena memang warna hijau lebih dominan.

Sedangkan nuri bayan betina didominasi oleh warna merah, sedangkan bagian punggung, deket leher dan dada berwarna biru keunguan. Warna paruh nuri bayan betina juga berbeda dengan jantan, kalau betina berwarna hitam bukan jingga dan kuning seperti milik jantan.

6. Burung Nuri Ambon

Burung Nuri Ambon atau yang biasa dikenal dengan nama burung Nuri Raja Ambon memiliki nama ilmiah Alisterus Amboninensis. Sesuai namanya, burung ini banyak ditemukan di Maluku dan ditetapkan sebagai burung identitas Provinsi Maluku.

Ciri-ciri burung cantik ini, memiliki tubuh berukuran cukup panjang sekitar 35 cm pada saat sudah dewasa. Bobotnya bisa mencapai 145 hingga 165 gram. Bagian kepala hingga leher burung ini didominasi warna merah. Kemudian paruhnya berwarna hitam. Bagian sayapnya berwarna hijau, dan bagian punggung serta ekor warna biru terang dan biru dongker.

Penampilan fisik dari burung Nuri Raja Ambon ini ternya memang terlihat khas. Karakteristik yang dimiliki memang sama halnya seperti jenis burung Nuri yang lainnya. Dimana, burung ini memiliki paruh yang bengkok. Burung yang berparuh bengkok ini mempunyai badan dengan panjangsekitar 35 cm.

Burung Nuri Ambon

Nuri Raja Ambon ini memiliki bulu yang terkesan meriah atau semarak dan juga mencolok dengan kombinasi warna merah, hijau, dan juga ada warna biru.

Bulu yang ada pada kepala dan dada burung Nuri Raja Ambon (Alisterus amboinensis) ini tampak berwarna merah. Sedangkan pada bagian sayapnya berwarna hijau. Lalu untuk bagian punggung bagian atas berwarna biru menyala serta pada bagian ekor memiliki warna biru atau biru keunguan maupun warna biru kehitaman.

Daftar Dan Harga Burung Nuri

Burung Harga
Burung Nuri Bayan Rp. 60.000 – Rp 1.000.000
Burung Nuri Ambon Rp. 600.000
Burung Nuri Papua Rp. 900.000 – Rp 1.500.000
Burung Nuri Maluku Rp. 1.100.000
Burung Nuri Merah Rp. 800.000
Burung Nuri Kepala Hitam Rp. 500.000 – Rp 1.500.000
Burung Nuri Pelangi Rp. 600.000
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar