Solusi Suara Burung Murai Batu Yang Tiba Tiba Serak
Solusi Suara Burung Murai Batu Yang Tiba Tiba Serak

Solusi Suara Burung Murai Batu Yang Tiba Tiba Serak

suara murai batu serak

Saat merawat Burung Murai Batu kita sering dihadapkan pada beberapa masalah kesehatan, agar burung tidak mengalami sesuatu yang tidak diinginkan kita perlu mengenali penyebab dan cara mengatasi masalah kesehatan ini. Setidaknya ada empat gangguan kesehatan yang sering terjadi pada Murai Batu. Mari kita kenali satu demi satu agar bisa melakukan perawatan dengan benar dan efektif. Dalam banyak kasus Murai Batu rata-rata akan mengalami masalah jika perawatannya berubah, atau pola perawatannya tidak teratur. Namun masalah kesehatan pada Murai Batu juga bisa timbul karena faktor lain diluar perawatan.

Kali ini kita membahas gangguan penyebab suara yang tiba tiba serak Murai Batu dan bagaimana solusinya mengatasinya.

Murai Batu tiba-tiba bersuara serak
Murai Batu yang tiba-tiba terdengar serak bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

- Penjemuran yang terlalalu berlebihan
- Makan makanan lain di luar pakan utama dan makanan tambahan (EF), misalnya makan ngengat, kupu-kupu, atau serangga lainnya di luar makanan sehari-hari.
- Cuaca ekstrem atau perubahan suhu.
- Gangguan tenggorokan disebabkan oleh bakteri atau parasit.

Ada beberapa solusi untuk mengatasi suara serak secara tiba tiba pada burung murai batu yaitu:
- Jangan terlalu lama melakukan penjemuran pada burung (tidak berlebihan).
- Segera pindahkan burung ke tempat yang aman saat terjadi perubahan suhu / cuaca yang ekstrem.
- Berikan air larutan penyegar selama 2-3 hari, yang setiap 12 jam sekali diganti dengan yang baru untuk menghindari terkontaminasi atau rusak oleh sinar matahari. Terlalu berlebihan memberi larutan air penyegar apalagi menjadikannya sebagai minuman utama setiap hari, bisa menyebabkan kematian pada burung.
- Berikan cacing tanah sebagai pakan tambahan selama perawatan.
- Bersihkan kandang yang digunakan oleh Murai Batus dengan desinfektan burung khusus (misalnya FreshAves) untuk membasmi bakteri, tungau, atau parasit lain yang dapat menyebabkan gangguan tersebut.
- Segera berikan perawatan yang benar dan benar ke burung murai batu Anda. BirdTwitter sangat dianjurkan untuk mengatasi suara serak tersebut.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.