Skip to main content

Membuat Pakan Racikan Untuk Burung Ciblek Agar Berkicau Dan Ngotot

makan racikan ciblek

Selain latihan dan pemasteran yang di lakukan secara teratur, burung ciblek membutuhkan pakan bergizi tinggi untuk tetap rajin berkicau apalagi mengeluarkan suara tembakannya. Beberapa ciblekmania memilih untuk membuat pakan racikan mereka sendiri untuk burung kesayangan mereka. berikut ini cara memberi makan ciblek agar rajin dan ngotot. Ciblek adalah jenis burung tempur (fighter) yang cukup aktif, Untuk mendukung sifat dan karakter burng ciblek pemberian makan harus menjadi perhatian utama dalam perawatan sehari-hari. Dengan demikian burung akan tetap gesit, langsing, aktif, dan memiliki mental yang baik, jadi selalu siap untuk diperlombakan. Perawatan yang hanya sekedarnya saya tanpa dukungan pakan protein tinggi, akan membuat burung kurang aktif dan malas berkicau. Karakteristik ciblek yang kekurangan protein ini sering mengembangkan bulu dan gerakan menjadi lambat.

Karena itu jangan abaikan asupan pakan bergizi untuk ciblek anda. Anda juga bisa menyediakan pakan voer khusus yang kandungan gizinya lebih terjamin, pakan ini bisa kita buat sendiri dengan mencampur beberapa bahan tambahan ke dalam voer kering yang biasa dikonsumsi burung.

Berikut cara mencampur pakan tambahan untuk burung ciblek agar tetap gacor dan bermental ngotot.

Bahan yang dibutuhkan:
1. 1 bungkus voer khusus ciblek
2. 1 bungkus tepung kroto kering
3. 1 bungkus tepung jangkrik
4. 1 sachet susu bubuk putih
5. 1 bungkus bubur bayi sereal rasa kacang hijau atau beras merah
6. 4 butir minyak ikan
7. 2 butir telur ayam / bebek

Cara membuat;
1. Campurkan voer halus, tepung kroto, tepung jangkrik, susu bubuk, bubur bayi, dan minyak ikan ke dalam wadah, kemudian diaduk hingga bercampur merata.

2. Telur direbus dan ambil bagian yang kuningnya saja. Setelah itu, campurkan ke dalam adonan pakan hingga merata.

3. Untuk mencampur semua bahan tersebut, Anda bisa menggunakan mixer atau blender.
Masukkan pakan ke dalam wadah kedap udara atau toples. Setelah itu simpan di tempat kering.

Cara Pemberian;
Pakan racikan ini bisa diberikan setiap hari sebagai pakan utama / pengganti voer.
Perlu diingat, pakan tambahan seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong tetap harus diberikan.
Dengan begitu, stamina burung akan tetap terjaga, sehingga ciblek akan menjadi lebih rajin dan bisa tampil lebih ngotot.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar