Skip to main content

Cara Perawatan Lovebird Yang Giras Agar Menjadi Jinak


Lovebird yang jinak atau dalam kondisi tidak lagi takut pada manusia, akan lebih mudah dilatih agar memiliki suara yang lebih baik dan ngekek. Selain itu lovebird bisa tampil lebih maksimal tanpa rasa takut saat didekati oleh juri saat dilombakan. Inilah cara menjinakkan kekasih yang terlalu giras. Lovebird termasuk jenis burung yang mudah dan cepat beradaptasi serta mudah dijinakkan, namun tidak semua individu lovebird memiliki karakter seperti itu. Terkadang kita menemukan lovebird sangat giras atau sangat liar, beberapa mania lovebird bisa menyerah untuk menghadapi kejadian seperti itu lalu memilih menukar burung giras dengan lovebird yang sudah jinak. Selama ini merawat burung yang masih giras cukup merepotkan, karena burung selalu merasa tidak enak / takut saat pemiliknya mendekat ketika memberi makan atau membersihkan sangkar. Selain itu kondisi ini juga akan membuat lovebird menjadi jarang berkicau dan tidak fokus pada suara masterannya.

Untuk menjinakkan lovebird yang terlalu giras pastinya dibutuhkan pola perawatan sehari-hari yang teratur, disertai juga dengan terapi atau latihan untuk membuatnya cepat jinak. Salah satu bentuk terapi yang cukup umum di antara maniak lovebird adalah memandikannya hingga basah kuyup.

Inilah langkah-langkah cara penjikkan lovebird yang terlalu giras, yang berawal dari cara mandi sampai basah kuyup hingga proses penjinakan.

Namun sebelum memulai latihan atau terapi penjinakan, maniak lovebird perlu memperhatikan hal berikut:
1. Keluarkan lovebird pada pagi hari, kemudian digantang di tempat teduh.
2. Jangan langsung menjemur lovebird sebelum diberikan terapi, karena penjemuran justru membuat lovebird mudah panas dan naik birahinya sehingga menyulitkan tahap pelatihannya.
3. Mengurangi pakan buah dan sayuran yang bisa meningkatkan birahi seperti apel merah, jagung, kangkung, bayam, tauge, dan lain-lain.

Cara memandikan lovebird hingga basah kuyup:
1. Turunkan sangkarnya, kemudian keluarkan lovebird dengan cara dipegang.
2. Mandikan burung hingga basah kuyup dengan cara diguyur menggunakan air mengalir dari keran / selang yang ada di halaman atau kamar mandi.
3. Selama memandikan lovebird, hindari agar air tidak masuk ke dalam lubang hidung atau paruhnya karena bisa membuatnya tersedak dan rentan sakit.

Tahap pelatihan agar lovebird cepat jinak :
1. Setelah dimandikan hingga basah kuyup, lovebird diletakkan di atas sangkarnya. Dengan kondisi bulu yang masih basah, lovebird tentu tidak akan kabur / terbang melarikan diri. Namun jika Anda masih khawatir, silakan lakukan cara tersebut di dalam ruangan / kamar yang tertutup.

2. Apabila lovebird sudah mau mematuki / menggigit jari tangan, tahap selanjutnya adalah melatihnya agar mau mengambil makanan dari tangan kita. Caranya adalah meletakkan beberapa biji milet di atas telapak tangan, lalu sodorkan kepada burung.

3. Untuk mendapatkan hasil lebih memuaskan, terapi penjinakan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari dan dihentikan setelah burung mulai terlihat lebih jinak daripada sebelumnya atau tidak giras lagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar