Skip to main content

Cara Perawatan Burung Jalak Jambul Thailand Supaya Gacor


Burung jalak kerak besar / myna (Acridotheres grandis) memiliki penampilan seperti burung jalak kerbau, tapi yang membedakannya adalah bentuk jambulnua yang lebih panjang. Di kalangan kicaumania kerak besar lebih terkenal disebut jalak jambul Thailand. Inilah cara merawat burung jalak jambul thailand untuk mengeluarkan suara gacor. Meski tidak termasuk burung asli Indonesia, kerak besar atau jalak jambul thailand sering ditemukan di sejumlah pasar burung di Indonesia. Burung ini memiliki wilayah yang tersebar di India, China, Thailand, dan Semenanjung Malaysia. Sepintas penampilannya terlihat seperti jalak kerbau yang banyak di pelihara oleh para kicaumania Indonesia, perbedaannya terletak pada jambulnya yang lebih memanjang. Dalam kondisi normal, panjang jambul jantan bisa mencapai 30 cm, dalam kondisi breeding jambul bisa lebih panjang.

Jalak / kerak termasuk kelompok burung yang mudah perawatannya, jalak juga mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dan mudah jinak.

Berikut cara perawatan burung jalak jambul Thailand agar gacor berkicau.

1. Untuk perawatan sehari-hari berikan pakan bervariasi setiap hari untuk membuat burung lebih rajin berbunyi. pakan terdiri dari buah-buahan (pisang dan pepaya) dan serangga (jangkrik dan ulat hongkong). Anda juga bisa memberinya nasi yang berguna sebagai penguat energi, sekaligus untuk memancing suara.

2. Karena burung jalak termasuk burung yang jorok, anda harus rajin membersihkan kandang dan perlengkapannya termasuk rajin memandikan burung. Hal ini bisa dilakukan pada saat bersamaan burung tersebut dimandikanlalu segera bersihkan kandang dari kotoran, dan ganti air minum dengan air bersih baru.

3. Burung jalak jambul Thailand memiliki suara ledakan yang lebih keras dari pada jalak kerbau biasa, suaranya bahkan sangat bervariasi. Karena itu selain melakukan perawatan rutin, Anda bisa melakukan pemasteran secara teratur untuk membuat suara kicauan semakin bervariasi.

Begitu pula tips atau cara merawat burung jalak jambul Thailand agar lebih rajin berbunyi. Semoga berhasil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar