Cara Merawat Cucak Ijo Agar Tampil Maksimal
Cara Merawat Cucak Ijo Agar Tampil Maksimal

Cara Merawat Cucak Ijo Agar Tampil Maksimal

perawatan cucak ijo agar maksimal

Terkadang burung hijau tidak ingin tampil maksimal meski sudah di rawat secara konsisten sesuai dengan perawatan sehari-hari, burung sering mengembangkan bulunya dan jarang ingin bersuara lantang. Untuk mengatasi masalah ini berikut tips perawatan kulit cucak hijau agar bisa tampil maksimal. Burung cucak ijo merupakan burung peniru ulung, kemampuan dan kecepatannya dalam meniru suara master dianggap lebih baik daripada jenis burung berkicau lainnya termasuk murai batu dan kacer. Lantangnya suara cucak ijo dipengaruhi oleh suara masteran, semakin lantang suara masterannya maka semakin lantang juga burung cucak ijo akan berkicau. Karena itu kita sering menjumpai burung cucak ijo yang cenderung berbunyi lembut atau ngeriwik saat di gantang dengan burung lain yang memiliki suara tidak begitu lantang, tapi itu juga tergantung dari karakter dan kondisi cucak ijo .

Selain pemasteran kebutuhan pakan yang tidak mencukupi terutama kualitas gizi bisa jadi alasan mengapa cucak hijau cenderung bersuara pelan, penyebab lainnya adalah perawatan yang kurang optimal misalnya kurang sinar matahari atau jarang dimandikan.

Beberapa perawatan berikut ini bisa membantu burung cucak ijo tampil lebih maksimal :

1. Pengembunan burung cucak ijo di lakukan secara rutin karena pengembunan bisa membuat burung lebih segar, apalagi saat mendapatkan sinar matahari pagi yang banyak mengandung provitamin D.

2. Di pagi hari beri kroto berupa kapsul (telur Kroto) bisa membantu meningkatkan stamina burung,  berikan kroto kapsul setiap pagi untuk 5 butir.

3. Oleskan madu di permukaan pisang kepok putih yang menjadi pakan utama cucak hijau.

4. Jangkrik sebagai pakan tambahan diberikan sebanyak 3 - 5 ekor di pagi dan sore hari atau tergantung kebiasaannya.

5. Beberapa hari sekali ganti pisang dengan sepotong jeruk manis, jika burung tidak mau makan jeruk maka pemberiannya bisa dilakukan dengan di peras dan jusnya di taruh dalam minuman.

6. Mandikan burung di pagi atau sore hari, cara mandi cucak hijau bisa dilakukan dengan memasukkan bak mandi kecil ke dalam kandang. Jika sudah terbiasa bisa juga menggunakan semprotan atau karamba mandi, trkadang juga perlu diberikan terapi mandi setiap malam terutama jika kondisi cuaca sangat mendukung.

7. Agar rajin berkicau dengan suara kencang sebaiknya cucak hijau digantang bersama burung-burung lain yang dominan bersuara lantang dan penuh tembakan, misalnya ciblek ngebren, cucak jenggot, dan sejenisnya.

Jika perawatan di atas sudah dilakukan dan belum ada perubahan berarti pada burung tersebut, maka pemberian BirdSlim bisa menjadi pilihan bijak. BirdSlim sangat membantu pemulihan stamina burung sehingga membuat burung bisa tampil lebih makssimal.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.