Skip to main content

Cara Mengatasi Burung Anis Merah Ngeboss


Tidak sedikit anis merah yang asyik berbunyi, tiba-tiba terdiam begitu melihat majikan di dekatnya. Tidak hanya itu burung itu akan turun bertengger sambil terus mengawasi tuannya, perilaku ini dikenal dengan istilah ngeboss, yang jika tidak segera ditangani bisa mengganggu penampilannya. Berikut tips mengatasi anis merah yang ngeboss dan terlalu manja. Istilah ngeboss digunakan untuk menggambarkan perilaku anis merah yang terlalu manja saat melihat atasan atau orang yang merawatnya. Perilaku ini biasanya terjadi karena perawat terlalu memanjakan burung, karena sering memberi makan melalui tangan. Pada saat ngeboss, anis merah yang sedang berbunyi pun langsung diam dan turun bertengger sambil majikannya. Bahkan tidak jarang anis merah akan mengejar sang pemilik.

Kebiasaan ini muncul karena burung ingin diperhatikan, apalagi ingin mendapatkan makanan. Kondisi ini sangat mirip dengan burung cendet yang miyik, bedanya jika cendet itu akan manja kepada siapa saja yang mendekat, maka anis merah akan ngeboss hanya untuk orang yang merawatnya. Faktor lain yang bisa memicu kondisi anis merah ngeboss adalah over birahi, biasanya hal itu ditunjukkan oleh perilaku mengejar sang perawat, sehingga sifatnya berubah menjadi agresif / garang.

Karakter anis merah mudah berubah karena berbagai faktor, apalagi kalau burungnya masih muda. Tapi kalau sudah mapan anis merah cenderung lebih stabil, Anis merah yang suka ngebos harus segera ditangani, jika tidak tentu bisa mengganggu penampilannya apalagi kalau burungnya sering diperlombakan. Untuk mengatasinya tidak mudah, karena butuh waktu lama untuk melatih karakternya.

Cara yang paling efektif adalah mengganti perawat atau minta orang lain merawat anis merah, dan mintalah agar tidak terlalu banyak memanjakan burung. Misalnya jika Anda ingin memberi jangkrik, maka serangga tersebut pertama kali disimpan di cepuknya sebelum diberikan pada burung. Alternatif lain adalah memakai pakaian dengan warna mencolok saat melakukan perawatan, cukup merepotkan memang tapi diyakini bisa mengurangi perilaku anis merah ngeboss.

Ada juga beberapa cara lain yang bisa membantu mengurangi perilaku anis merah ngeboss yaitu :
1. Berikan makanan kaya gizi, secara umum burung mudah manja bila kekurangan nutrisi, seperti pakan yang tidak lengkap atau tidak bervariasi. Memberikan kualitas voer serta cukup tambahan pakan dan rutin setiap hari, bisa membantu mengatasi atau mengurangi masalah.

2. Untuk menunjang kebutuhannya beri multivitamin seperti BirdVit yang mengandung berbagai zat yang dibutuhkan burung untuk melengkapi asupan nutrisi yang didapatnya dari pakan harian.

3. Mandi malam dipercaya bisa membantu mengatasi dan mengurangi perilaku manja atau ngeboss pada anis merah. Mandi malam bisa dilakukan secara teratur atau beberapa hari dalam seminggu sampai kondisinya membaik.

4. Cara terakhir adalah dengan mengabaikan burung, berikan pakan seperti biasa.  EF ditempatkan di tepuk sebelum diberikan, jika burung menunjukkan perilaku manja atau ngeboss abaikan saja atau lakukan sesuatu seperti memberi semprotan halus setiap kali melewati sangkarnya.

Dengan perawatan rutin, maka perilaku ngeboss dan manja pada anis merah ini akan berangsur-angsur mulai berkurang, sehingga burung akan berkicau keras kembali, meski ada perawat disampingnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar