Skip to main content

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dengan Betina


Karakteristik perbedaan jenis kelamin jantan dan betina pada burung lovebird sampai sekarang masih ada kontroversi mengingat perbedaan jenis kelamin yang muncul dari luar untuk jenis lovebird tidak konsisten, membedakan jenis kelamin lovebird termasuk pekerjaannya yang mudah-mudah susah. Mudah untuk jenis tertentu tapi sulit untuk jenis lainnya, apalagi kalau masih anakan. Untuk membedakan jenis kelamin lovebird bisa digunakan dengan cara yang sederhana sampai ilmiah. Berdasarkan penampilan luar, tingkat kesulitan untuk membedakan jenis kelamin lovebird (dan burung pada umumnya) dapat dibedakan dengan 3 kelompok lovebird. Ketiga kelompok tersebut adalah kelompok dimorfik (jenis kelamin sangat jelas dapat dibedakan), kelompok intermediate (jenis kelamin agak sulit dibedakan dari penampilan burung), dan kelompok lovebird kacamata (perbedaan gender yang tidak konsisten).

Namun secara umum pada banyak jenis lovebird relatif mudah membedakan jenis kelamin dengan melihat penampilan luarnya. Untuk kelompok lovebird dimorphic, seperti lovebird abisinia (Agapornis taranta), lovebird madagascar (Agapornis cana) dan lovebird red face (Agapornis pullaria), jelas mudah untuk membedakan antara jantan dan wanita. Sedangkan pada kelompok lovebird black collared (Agapornis swinderniana), untuk pria dan wanita sangat sulit dibedakan dan terlihat serupa penampilannya di luar, meski umumnya wanita lovebird memiliki bulu di kepala dengan warna lebih pucat.

Nah bagaimana pembeda jenis kelamin jantan dan wanita pada keempat tipe lovebird termasuk dalam kelompok lovebird kacamata? Untuk diketahui 4 jenis lovebird kacamata itu adalah lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata) dan lovebird fischer (Agapornis ficheri).

Burung Lovebird Agapornis Lilianae Lutino.
Untuk keempat tipe lovebird kacamata ini relatif sulit dibedakan antara jantan dan betina. Meskipun demikian, ada sedikit perbedaan berat badan antara jantan dan wanita. Salah satu keunikan kelompok lovebird adalah pada saat musim kawin burung betina akan membawa bahan sarangnya di bawah bulu tunggir dan bulu punggung bagian bawah.

10 Karakter Lovebird Jantan dan Betina

Seperti judul artikelnya, berikut ini adalah perbedaan relatif (karena memerlukan perbandingan melalui pengamatan) antara lovebird jantan dan betina pada kelompok lovebird kaca mata.

Ciri-ciri relatif (perlu perbandingan) burung lovebird kacamata jantan:
1. Kepala umumnya lebih kecil dan bulat tapi rata di bagian atas.
2. Paruh lebih kecil dan relatif kering.
3. Bodi secara umum berukuran kecil di kelompok sejenisnya.
4. Ekor berbentuk “V”.
5. Supit urang lebih rapat, lebih keras dan letaknya lebih dekat ke pangkal ekor (Jawa: brutu).
6. Waktu bertengger kaki lebih rapat.
7. Saat dipegang, bodi lovebird kacamata jantan terkesan tidak berisi/ enteng/ ramping.
8. Waktu birahi berperilaku seperti mau meloloh (mengangguk-anggukkan kepala seperti mau mengeluarkan makanan melalui paruh).
9. Ngekek lebih pendek.
10. Perilaku lebih gesit dan agresif.

Ciri-ciri relatif (perlu perbandingan) burung lovebird kacamata betina:

1. Kepala secara umum lebih besar dan menonjol/ menjorok ke atas.
2. Paruh lebih besar dan relatif basah.
3. Bodi secara umum berukuran besar di kelompok sejenisnya.
4. Ekor berbentuk “U”.
5. Supit urang (tulang pubis) lebih rapat, lebih lebar dan lebih dekat ke tulang dada bagian bawah.
6. Waktu bertengger jarak dua kaki melebar.
7. Saat dipegang, bodi lovebird kacamata betina terkesan berisi/ berbobot/ bulat.
8. Waktu birahi berperilaku membuka-buka sayap “nggaruda”.
9. Ngekek lebih panjang.
10. Perilaku lebih tenang dan terkesan malas-malasan
11. Lovebird betina bertengger dengan jarak antarkaki lebih lebar dibandingkan lovebird jantan.

Perbedaan pada betina jantan berdasarkan bukaan kaki), Lovebird betina memiliki ekor yang rata dengan ekor yang sedikit meruncing. Dengan melihat ciri-ciri seperti itu, terutama perilaku pada umumnya, Lovebird cenderung baik untuk di lombakan, tentu saja burung betina betina.  Tapi sekali lagi, itu adalah ukuran relatif, yang tentu saja tidak semua orang bisa membedakannya persis karena semuanya juga tergantung dari pengalaman.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar