Skip to main content

Beberapa Manfaat Biji Jagung Untuk Burung Kenari


Selain mengonsumsi biji-bijian, kenari suka memberi makan buah dan sayuran, pakanbijian sering dikonotasikan hanya dalam bentuk canary seed, milet, atau jawawut. Jagung sebenarnya juga biji-bijian, tapi jarang digunakan sebagai pakan burung kenari, tidak semua burung kenari tertarik dan mau makan jagung muda yang di berikan kepadanya. Mungkin inilah yang membuat kenari jarang di beri jagung, mereka kemudian berasumsi bahwa jagung hanya cocok diberikan untuk ras beo seperti burung nuri, burung beo, parkit, dan lovebird. Jagung memang tidak asli makanan kenari di alam bebas, apalagi pakan ini memiliki lapisan kulit yang tebal. Tapi dengan mengenalkan pakan jagung sejak usia dini, maka burung kenari akan menjadi terbiasa dan suka memakannya.

Bila sudah terbiasa diberikan maka begitu banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan kenari muda, tak hanya itu kenari juara lomba sering diberi pakan jagung muda sebagai pakan tambahan dalam perawatan sehari-hari.

Ini adalah bukti bahwa jagung dapat membantu membuat kenari menjadi lebih maksimal. Manfaat lainnya adalah:

1. Membantu memperlancar pencernaan burung.
2. Membuat mata sehat, sehingga penglihatan lebih tajam.
3. Kaya akan kalori dan vitamin.
4. Kaya akan mineral.
5. Mencegah anemia.
6. Membuat bulu burung sehat dan kuat.

Karena tidak semua kenari terbiasa dengan pakan jagung, maka Anda perlu mempelajari trik berikut supaya kenari mau mencoba dan mendapatkan manfaatnya.

1. Carilah jagung muda segar lalu potong seperempatnya.
2. Sebelum diberi kenari cincang dulu biji biji jagung tersebut.
3. Gantung buah jagung di kandang untuk menarik perhatian burung.
Biasanya setelah melakukan trik ini, kenari akan tertarik dan ingin makan jagung muda yang sudah dicincang-cincang itu. Kemudian setelah burung-burung itu terbiasa makan jagung, Anda tidak perlu lagi mencincang dan cukup menggantungnya di sangkar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar