Skip to main content

Bagaimana Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi


Burung kenari memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan burung ini bisa menirukan berbagai bunyi kicauan lainnya, tapi kenari juga mudah mengalami kemacetan bunyi, diperlukan pola perawatan yang tepat agar kondisinya bisa pulih seperti sebelumnya. Berikut adalah langkah langkah untuk mengatasi kemacetan bunyi, macet bunyi adalah suatu kondisi dimana burung yang awalnya rajin (gacor) tiba-tiba berubah menjadi jarang atau tidak mau berkicau lagi. Penyebabnya bervariasi, termasuk stres akibat penyakit atau mabung, burung mendapat tekanan karena sangkar terjatuh atau diserang oleh predator. Obesitas / kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab suara kenari menjadi macet, kenari yang macet bunyi harus mendapat perawatan ekstra terutama melalui pemberian pakan bergizi, penambahan suplemen, serta pola perawatan rutin lainnya.

Jika telaten melakukan perawatan ekstra, dalam waktu tidak terlalu lama kenari akan kembali aktif bernyanyi seperti sebelumnya.

Berikut adalah langkah langkah untuk mengatasi kenari yang macet bunyi agar bisa kembali berkicau kembali :

1. Karantina burung di tempat yang sepi
Jauhkan burung kenari yang bermasalah dari hadapan burung berkicau lainnya, terutama burung yang memiliki suara nyaring. Jika tidak, kenari sangat tegang sehingga membuat proses pemulihan lebih sulit. Selain itu, pemiliknya juga harus lebih fokus dalam perawatannya, Coba ingat, apakah kenari mengalami macet suara setelah menggunakan sangkar yang baru dibeli. Jika benar, periksa apakah cat atau politur berbau menyengat.

Dalam beberapa kasus, kenari macet akibat tidak enaknya kandang baru dengan aroma cat. Dalam kasus lain, kenari juga mulai mengalami masalah saat tidak nyaman dengan tenggeran yang disediakan. Karena itu, bila kenari terisolasi di tempat yang sepi, Anda sekaligus bisa mengganti sangkar bersih lainnya, sambil tetap memperhatikan tingkah lakunya.

2. Berikan makanan bergizi
Sementara di tempat yang sepi, berikan makan lebih bergizi dibanding sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan melalui berbagai pakan, seperti berbagai sayuran dan buah-buahan di sertai dengan pakan dari biji bijian. Apel bisa memancing kenari agar lebih rajin berbunyi, kandungan nutrisi pada apel juga berguna untuk mengembalikan kondisi dan membantu meningkatkan stamina tubuh. Berikan sepotong apel merah dengan cara di gantung di kandang sehari-hari.

Beberapa jenis daun dan sayuran hijau cukup ampuh untuk mengembalikan kondisi suara kenari yang macet, antara lain:

 - Dedaunan yang berasal dari tanaman liar seperti mengkudu, krokot atau  daun ginseng. Berikan variasi dedaunan tersebut setiap hari secara bergantian.
 - Jagung dapat menaikkan birahi burung kenari, sehingga bisa kembali rajin bunyi. Pilihlah jagung manis yang masih muda.
 - Sayuran seperti daun sawi, brokoli dan sebagainya bisa diberikan sebagai pakan tambahan yang mampu memberikan nutrisi tambahan bagi dibutuhkan burung.

Yang perlu diingat, biasakan memberi pakan buah dan sayuran yang masih segar serta terbebas dari bahan kimia. Pakan tambahan lain yang bisa diberikan adalah serangga. Meski jarang dilakukan kenari mania di Indonesia, ada juga beberapa burung kenari yang sangat menyukai pakan serangga.

Beberapa jenis serangga bisa diberikan kepada kenari antara lain laron, rayap, dan telur semut (kroto). Dengan memberikan pakan serangga, maka kenari akan mendapat protein hewani yang membantu mempercepat proses pemulihannya. Namun jika kenari tidak menyukai serangga, Anda bisa mengganti kebutuhan protein hewani ini melalui telur rebus.

3. Pengaturan perawatan harian
Perawatan sehari-hari yang dibutuhkan untuk mengembalikan suara yang macet adalah pengembunan, mandi, dan pengeringan. Lakukan semuanya secara teratur setiap hari. Mandi bisa dilakukan 1-2 kali per hari. Pengeringan dilakukan di pagi hari dengan durasi tidak lebih dari 2 jam. Tapi ada juga kicaumania yang justru menghindari mandi untuk kenari kemacetan suara, dengan alasan bisa menurunkan nafsu. Karena itu, sebagai bentuk perawatan alternatif, Anda bisa mencoba untuk tidak memandikannya untuk beberapa saat, sampai kondisinya pulih. Atau bisa dimandikan sekali seminggu.

4. Berikan multivitamin dan suplemen secara tepat
Untuk membantu mempercepat pemulihan burung kenari yang retak, Anda perlu menyediakan suplemen seperti TestoBird Booster (TBB) yang diformulasikan secara khusus untuk selai burung karena kurangnya testosteron dan kehilangan daya tangkap. Seperti untuk membantu menjaga kondisinya sepanjang hari, dan membuatnya lebih aktif sehingga dipicu untuk mendukung kicauan, Anda bisa memberi multivitamin seperti BirdVit yang dilarutkan dalam air minum.

Itulah empat langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi suara kenari kenari untuk kembali berkicau seperti biasanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar