Skip to main content

Apa Itu Cloud Computing



Sampai beberapa tahun yang lalu, komputasi Cloud dipandang sebagai tren. Taruhannya adalah bahwa tidak ada orang lain yang perlu menginstal program apa pun di komputer mereka untuk melakukan tugas pokok (seperti bermain-main dengan lembar kerja) ke pekerjaan yang lebih kompleks (lihat pengeditan gambar dan video), karena semuanya akan dilakukan melalui internet.
Pada artikel ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang dasar-dasar komputasi Cloud dan juga melihat lansekap teknologi saat ini karena Anda dapat menemukan lebih banyak layanan yang bekerja dari koneksi internet.

Konsep
Ketika berbicara tentang komputasi Cloud, ada pembicaraan tentang mengakses file dan melakukan tugas yang berbeda melalui internet. Artinya, Anda tidak perlu menginstal aplikasi di komputer Anda untuk semuanya karena Anda dapat mengakses berbagai layanan online untuk melakukan apa yang Anda butuhkan, karena datanya tidak pada komputer tertentu, namun berada di jaringan.
Setelah Anda terhubung dengan benar ke layanan online, Anda dapat menikmati peralatan Anda dan menyimpan semua pekerjaan yang dilakukan untuk mengaksesnya - karena itulah komputer Anda akan berada di Cloud karena Anda dapat mengakses aplikasi dari komputer manapun yang memiliki akses ke internet

Bayangkan saja dari koneksi internet, Anda bisa mengakses server yang mampu menjalankan aplikasi yang diinginkan, yang bisa dari pengolah kata bahkan menjadi game atau editor video berat. Sementara server menjalankan program atau mengakses informasi tertentu, komputer Anda hanya memerlukan monitor dan periferal untuk berinteraksi dengan Anda.

Google selalu dengan Cloud di depan
Gmail, misalnya, membawa banyak fungsi untuk mengatur tidak hanya pesan tapi juga file yang diterima dengan mereka. Ini juga menghitung filter pesan dan menyertakan utusan resmi Anda, yang disebut Google Talk.

Google Maps adalah contoh lain, karena dengan itu Anda dapat menavigasi di manapun di dunia ini dari referensi. Selain itu, Anda dapat membuat rute untuk mengemudi di kota Anda, mulai dari satu titik dan memiliki lokasi tujuan.

Kami juga dapat menyebutkan Google Documents, yang memiliki banyak alat bergaya Office, yang dengannya Anda dapat mengakses pengolah kata hebat, alat spreadsheet, dan bahkan membuat dan melihat tayangan slide.

Google Music juga patut disebutkan, karena memungkinkan Anda mendengarkan koleksi musik Anda dimanapun Anda berada. Trek dapat ditambahkan dan didengar dari komputer manapun dengan hanya menggunakan login Anda.

Bukti bahwa Google adalah salah satu pendukung cloud computing yang hebat adalah Chrome OS, sistem operasi yang dikembangkan oleh raksasa yang bertujuan untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web, yang membutuhkan kapasitas pemrosesan mesin jauh lebih sedikit.
Antara kelebihan dan kekurangan

Seperti yang bisa Anda lihat, kelebihan komputasi Cloud banyak. Salah satu dari mereka - mungkin yang paling mengejutkan bagi kebanyakan orang - adalah kebutuhan untuk memiliki mesin yang hebat, karena semuanya berjalan di server jarak jauh.

Manfaat lain adalah kemampuan untuk mengakses data, file dan aplikasi dari manapun, hanya dengan memiliki koneksi internet - tidak perlu menyimpan konten penting di satu komputer.
Namun, tidak semuanya adalah bunga. Penyimpanan Cloud juga membuat ketidakpercayaan, terutama bila menyangkut keamanan. Toh, proposalnya adalah menyimpan informasi penting di lingkungan virtual, dan tidak semua orang merasa nyaman dengannya.

Perlu juga dicatat bahwa karena ada kebutuhan untuk mengakses server jarak jauh, sangat penting koneksi internet stabil dan cepat, terutama ketika menyangkut streaming dan permainan. Dan juga harus dipertimbangkan bahwa server berada di tempat yang jauh, oleh karena itu, internet dengan kecepatan tidak stabil atau rendah sangat merugikan eksploitasi teknologi secara maksimal.

Tapi tidak ada keraguan bahwa komputasi Cloud adalah kenyataan yang semakin solid. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan besar telah memperhatikan teknologi ini, dan semuanya membuat kami percaya bahwa ini akan berlanjut.
... ..
Komputasi Cloud adalah bagian dari kehidupan sehari-hari Anda dan tumbuh dengan kecepatan yang hingar-bingar. Sekarang, apakah Anda mengharapkan evolusi tingkat Anda - misalnya, apakah mungkin menjalankan keseluruhan sistem operasi di Cloud?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar