Skip to main content

Cara Mengganti Password Wifi Milik Sendiri


Bagaimana Cara dan Langkah Langkah Mengubah Pasword Wifi

Wi-Fi sangat bagus untuk membuat Anda tetap terhubung, namun Wi-Fi yang kurang aman dapat membahayakan informasi pribadi Anda. Menjaga password router Anda terlindungi dan mengganti kata sandi secara teratur merupakan kunci penting untuk melindungi jaringan dan data Anda. Mengubah kata sandi Anda juga membuat tetangga murah mencuri bandwidth Anda! Untuk mengubah kata sandi Wi-Fi Anda, Anda harus membuka halaman konfigurasi router Anda, masuk menggunakan rincian Anda saat ini, dan ubah kata sandinya di bawah menu pengaturan nirkabel.



1. Buka halaman konfigurasi router Anda. Anda dapat mengakses halaman konfigurasi router Anda melalui browser web pada komputer yang terhubung ke jaringan Anda. Jika Anda tidak dapat terhubung melalui Wi-Fi karena Anda tidak tahu kata sandinya, gunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer Anda langsung ke router. Ini akan memotong kebutuhan akan kata sandi Wi-Fi.

Alamat router standar adalah 192.168.1.1, 192.168.0.1, 192.168.2.1, atau 10.0.1.1 (Apple) atau 10.0.0.1 (Xfinity). Masukkan alamat ke address bar browser anda. Jika tidak ada alamat di atas yang memberi Anda akses ke halaman konfigurasi, buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + R dan masuk ke cmd. Setelah Command Prompt terbuka, ketik ipconfig dan tekan Enter. Cari koneksi aktif Anda dalam daftar dan temukan alamat Default Gateway. Ini biasanya alamat router Anda.

Jika semuanya gagal, tekan dan tahan tombol Reset di router Anda selama sekitar 30 detik untuk mengembalikannya ke pengaturan default pabrik. Kemudian, cari alamat default untuk model router itu dan masukkan ke browser Anda. Beberapa router datang dengan perangkat lunak konfigurasi. Jika sebelumnya Anda telah menginstal perangkat lunak konfigurasi, Anda dapat menggunakannya sebagai ganti antarmuka peramban web.


2. Masukkan username dan password router Anda. Setiap router akan meminta username dan password sebelum Anda bisa mengakses jeroan. Jika Anda tidak pernah mengubah ini saat pertama kali mengkonfigurasi router, kemungkinan nama pengguna adalah "admin" dan kata sandinya adalah "admin" atau "password". Tentu ini bervariasi dari model ke model, jadi sebaiknya cari model Anda secara online untuk melihat info masuk yang tepat.

Jika Anda telah mengubah login di masa lalu dan karena lupa, atau menerima router sebagai hand-me-down dan pemilik sebelumnya tidak mengatur ulangnya, Anda harus menekan dan menahan tombol Reset pada router. selama sekitar 30 detik. Ini akan mengatur ulang pengaturan menjadi default, memungkinkan Anda masuk dengan nama pengguna dan kata sandi default.



3. Buka bagian Nirkabel. Setelah masuk ke router Anda, Anda perlu menemukan bagian Wireless pada halaman konfigurasi. Perubahan nama yang tepat dari produsen ke produsen, namun umumnya Anda mencari tab atau tombol "Nirkabel" atau "Pengaturan Nirkabel / Pengaturan".
Jika bagian "Nirkabel" Anda memiliki banyak subbagian, buka halaman Keamanan Nirkabel.


4. Ubah kata sandinya Cari kotak berlabel "Password", "Passphrase" atau "Shared Key". Anda bisa memasukkan kata sandi baru ke dalam kotak ini. Beberapa router akan meminta Anda mengetikkan kata sandi lagi untuk memastikan Anda memasukkannya dengan benar. Usahakan membuat password yang kuat yang akan sulit jika tidak mustahil ditebak. Seharusnya tidak terkait dengan hal-hal pribadi, dan harus menyertakan jumlah angka, kasus acak, dan karakter khusus yang liberal seperti "!", "$" Dan "#". Kata sandi yang kuat biasanya minimal 8 karakter.



5. Lihat jenis keamanan Anda. Ada tiga jenis enkripsi nirkabel utama: WEP, WPA, dan WPA2. Untuk jaringan yang paling aman, Anda harus menggunakan WPA2. Anda mungkin mengalami masalah yang menghubungkan perangkat yang lebih tua, namun Anda dapat beralih ke WPA atau WPA / WPA2. Memilih WEP TIDAK disarankan, karena enkripsi WEP sangat mudah dipecahkan (memerlukan waktu kurang dari 30 menit untuk memecahkan password WEP).


6. Ubah nama jaringan Anda. Saat Anda di sini, luangkan waktu sejenak untuk mengganti nama jaringan Anda jika Anda belum melakukannya. Nama tersebut tidak boleh menyertakan informasi identitas pribadi apapun, karena namanya akan disiarkan secara publik. Mengubah nama akan membantu mencegah orang untuk mencoba masuk ke dalamnya. Router dengan nama default dipandang sebagai target hacking yang lebih mudah.


7. Simpan pengaturan Anda. Setelah Anda selesai memasukkan kata sandi baru Anda, klik tombol Apply atau Save. Lokasi tombol berbeda untuk setiap router, namun biasanya terletak di bagian atas atau bawah halaman. Router akan mengambil beberapa saat untuk memproses perubahan, pada saat mana perangkat yang saat ini terhubung akan terputus.

Setelah pengaturan Anda diubah, Anda dapat terhubung ke jaringan nirkabel Anda menggunakan kata sandi baru Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar