Skip to main content

4 Cara Memilih Burung Pleci Jantan Dan Juara


Bagaimana sih biar burung pleci jantan milikku bisa gacor dan jadi juara?

Dalam dunia kontes burung, jenis burung pleci merupakan salah satu jenis burung yang cukup terkenal. Burung pleci memiliki kicauan yang bagus dan bisa dilatih menjadi burung juara. Kalau burung pleci sudah jadi juara, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, untuk menjadikannya burung pleci sebagai burung jagoan saja perkara mudah. Berikut tips memilih burung pleci jantan berkualitas:

1. Pilih Burung Pleci Jantan
Kenapa harus memilih burung pleci jantan? Burung pleci jantan bisa mengeluarkan kicauan atau gacor yang panjang dan memukau. Pernah terjadi seorang pencinta burung Pleci merawatnya dengan sangat baik selama bertahun-tahun, namun harapannya burung plecinya menggacor bagus dan panjang tidak kunjung tercapai. Setelah diselidiki ternyata burung pleci tersebut berjenis betina

2. Pilih Bakalan yang Berkualitas
Bila memilih bakalan pleci di dalam ombyokan ada ciri-ciri khusus yang menunjukkan pleci tersebut dapat digadang-gadang sebagai juara. Berikut tanda bakalan yang berkualitas:

     A. Punya Tampang yang Lebih Garang
Burung pleci yang bertampang garang sering terhubung dengan kualitas mental si burung pleci. Menurut para pleci mania, burung pleci yang berwajah garang jauh lebih kuat mental saat dipertandingkan.

     B. Memiliki Postur Tubuh yang Ramping dan Panjang
Burung pleci yang bertubuh ramping dan panjang dapat memberikan daya tarik tersendiri saat dipertandingkan. Selain dari segi suara, postur yang bagus juga menjadi lebih bagi si burung pleci.

     C. Burung Pleci Sangat Senang saat Kita Dekati
Burung pleci yang senang saat kita dekati menunjukkan kalau dia merasa cocok dan nyaman bersama kita. Hal ini merupakan salah satu sinyal bagus burung yang merupakan burung pleci yang cocok untuk kita pelihara.

     D. Burung Pleci Berkicau Sangat Riang
Burung pleci yang berkicau riang di dalam ombyokan menunjukkan burung itu memiliki mental bagus dan tidak ragu untuk berkicau di tengah keramaian.

     E. Saat Dipisah dari Ombyokan, Burung Pleci Mudah Tenang
Saat burung pleci dipisah dari ombyokan, lihat bagaimana reaksinya. Burung pleci yang berkualitas juara biasanya mudah beradaptasi dan mudah tenang, sementara burung pleci yang tidak bermental juara biasanya stres, gelisah, salto, dan kelabakan saat dipisah dari ombyokan.

3. Perhatikan Usia Burung
Burung pleci muda atau anakan masih menjadi pilihan utama saat para pencinta burung ingin merawat burung pleci sampai menjadi juara. Mengapa memilih yang sedang muda? Karena burung pleci berusia muda lebih mudah dilatih dan belum banyak terkontaminasi oleh suara burung lainnya. Untuk belajar burung pleci muda bisa menggunakan mp3.

4. Sisi Katuranggan si Burung Pleci
Sisi katuranggan merupakan ciri yang menunjukkan burung pleci ini memiliki bakat menjadi juara. Berikut ciri-cirinya:

  A. Memiliki postur tubuh yang simetris
  B. Memiliki kaki panjang dan kering
  C. Memiliki paruh yang panjang, berpangkal lebar, dan lurus
  D. Memiliki kepala kred kotak
  E. Memiliki dahi yang menonjol
  F. Memiliki leher yang panjang
  G. Memiliki dada yang bidang
  H. Memiliki sayap yang lebar dan simetris
  I. Memiliki ekor berbentuk "V" yang panjang dan rapi
  J. Memiliki mata yang tajam, besar dan
  K. Berdiri tegak 30 sampai 45 derajat
  L. Gerakannya sangat lincah

Demikian tips memilih burung pleci jantan berkualitas juara. Selamat memilih burung kesayangan dan selamat berlatihnya menjadi juara.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar