Skip to main content

Manfaat Daun serta Akar Sembung Untuk Kesehatan


Khasiat Daun Sembung Untuk Obat Herbal

Tumbuhan Sembung (Blumea balsamifera) memiliki akar serta daun yang kaya faedahnya, tanaman perdu sembung ini adalah salah satu tanaman obat asli Indonesia yang faedahnya sangat banyak. Sembung merupakan tanaman perdu dari famili Asteraceae dalam bhs Inggris di kenal juga sebagai Sambong.

Sedangkan di Indonesia di kenal dengan sebagian nama sembung atau sembung utan (Sunda), sembung legi, sembung gantung, sembung gula, sembung kuwuk, sembung langu, atau sembung lelet (Jawa), kamandhin (Madura), Sembung (Bali), sembung, capa, capo (Sumatera), serta Afoat (Timor).

Manfaat Daun Sembung Buat Kesehatan Tumbuhan 
Sembung adalah perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi pohon meraih 4 meter, batangnya memiliki rambut tidak tebal. Daun sembung berselang-seling, berupa bulat telur sampai lonjong, pinggir daun bergerigi dengan panjang daun memiliki ukuran panjang 8 cm – 40 cm serta lebar 2 cm – 20 cm, dan ada 2 – 3 daun penambahan pada tangkai daunnya.

Permukaan daun memiliki rambut, bunga sembung berkelompok berwarna kuning, berbentuk malai yang keluar pada ujung-ujung cabang. Buahnya longkah sedikit melengkung dengan panjang seputar 1 mm.

Tanaman sembung tumbuh dari mulai dataran rendah sampai ketinggian 2. 200 dpl, bisa tumbuh baik ditempat terbuka ataupun yang terlindung tanaman lain. Berkembang biak dengan memakai biji. Sembung condong tumbuh juga sebagai rumput liar. Daerah persebaran tanaman ini mencakup India serta beragam negara di Asia Tenggara, terlebih lokasi Malesia, termasuk juga Indonesia. Dipercaya, sembung adalah tanaman asli Asia Tenggara.

Sembung adalah salah satu tanaman herbal yang sudah digunakan untuk kesehatan manusia mulai sejak lama. Sisi tanaman yang dipakai yaitu akar serta daunnya, baik dalam keadaan fresh ataupun kering.

Tanaman ini mempunyai kandungan kimia diantaranya : 
borneol, cineole, limonene, serta di-methyl ether phloroacetophenone. Juga memiliki kandungan glukosida, alkohol sesquiterpen, asam palmitin, minyak siri, serta zat bergetah.

Tak hanya daun sembung yang banyak faedah, Anda juga bisa memakai obat herbal yang sudah di kemas dan praktis bisa langsung di konsumsi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar