Skip to main content

Kebenaran Tentang SEO Atau Search Engine Optimization


Penggunaan alat atau tool optimasi otomatis tidak akan bekerja lama untuk SEO

Optimasi search engine (SEO) adalah proses untuk membuat blog atau website tampil dan terindeks dalam pencarian organik, SEO melibatkan penggunaan berbagai taktik yang membantu situs web atau blog mengamankan posisi yang menguntungkan di hasil penelusuran beberapa konten tertentu atau istilah kunci yang sangat mudah dicari. SEO sudah ada dalam praktek banyak blogger sejak onset internet. Namun banyak perusahaan tidak sepenuhnya memahami keterbatasan teknik sementara atau penggunaan teknik otomatis SEO.

Membuat SEO menjadi otomatis memerlukan proses yang sangat panjang, dan banyak aspek pengembangan situs web mungkin memerlukan sentuhan ekstra manusia selain optimasi. Namun gagasan solusi cepat untuk memperbaiki beberapa masalah mempengaruhi peringkat situs web karena itu bukanlah usaha yang berharga.

Frank Abagnale, Customer Success Manager Semalt Digital Services menjelaskan keunggulan dan kelemahan komparatif dari bekerja dengan SEO otomatis.

SEO Otomatis
Saat ini banyak alat telah dikembangkan untuk membantu kita dalam pengembangan SEO, ada alat untuk penelitian kata kunci, analisis backlink, menilai lalu lintas, pembuatan laporan, dan lain lain. Apa pun yang kita butuhkan dalam pengoptimalan mesin telusur,  kita dapat menemukannya di Internet. Dalam dekade terakhir telah muncul banyak konten yang mudah digunakan dan alat pengelolaan situs blog atau web yang telah membantu banyak situs memperbaiki statistik rangking mereka secara signifikan.

Namun walaupun platform Wix dan WordPress telah membuat beberapa alat SEO, namun jarang dapat membantu kita untuk menentukan peringkat situs blog atau web dengan peringkat tinggi. Tidak mungkin menggunakan satu solusi tunggal untuk semua hal itu, itulah sebabnya Semalt merekomendasikan untuk mengelaborasi strategi SEO individual, sesuai untuk setiap kasus tertentu.

Apakah itu berarti bahwa kita harus melakukan hal itu?
Jika kita berpikir bahwa jawabannya adalah ya, maka kita belum melihat dari dekat apa yang di buat tentang SEO. Pada awalnya Google memindai setiap halaman blog atau web untuk menentukan kueri pencarian dan tempatnya di hasil pencarian, Saat itu keberhasilan kata kunci bergantung pada seberapa sering hal tersebut disebutkan dalam konten.

Inilah bagaimana teknologi teks tersembunyi dikembangkan oleh para praktisi SEO Black Hat, dan inilah mengapa Google meninggalkan metode ini. Selanjutnya Google mulai mempertimbangkan pentingnya backlink dan jumlahnya, ini juga dimanfaatkan oleh para webmaster yang menginginkan cara yang murah dan cepat ke TOP yang menyebabkan Google mengubah strategi tersebut sekali lagi.

Saat ini algoritme Google memperhitungkan berbagai faktor dari tautan balik ke kata kunci ke media sosial, menggunakan hanya satu elemen saja tidak cukup untuk mempromosikan merek Anda ke bagian atas hasil pencarian. Namun semua struktur ini bisa diubah seluruhnya dengan diperkenalkannya algoritma baru.

Google bukan mesin tapi adalah sebuah perusahaan dengan para ahli yang senantiasa menganalisa performa mesin pencari, perilaku para webmaster dan membuat kemudahan pengguna menjadi prioritas. Oleh karena itu begitu mereka melihat penurunan kegunaan mesin telusur, mereka menerapkan perubahan yang diperlukan untuk menyingkirkan situs yang membahayakan penggunaan Google. Setiap kali ada tantangan Google akan selalu berubah.

Bahkan alat otomatis yang paling menakjubkan pun tidak bisa mengikuti evolusi mesin pencari, alat yang kita gunakan mungkin bekerja untuk sekarang, tapi dalam beberapa waktu kedepan alat itu tidak akan berguna melawan panduan baru yang di keluarkan oleh google. Jadi jika kita menginginkan sesuatu yang akan memberi kita hasil jangka panjang dan bertahan dengan perputaran algoritma Google yang secara tiba-tiba, agen SEO yang kompeten tetap menjadi teman terbaik Anda. Saat kita melakukan optimasi SEO dengan cara kita sendiri, kita dapat mempelajari banyak tren pasar mengenai cara kerja situs web yang berbeda.

Sebagai contoh Joost de Valk pendiri dan pencipta Yoast SEO untuk plugin WordPress sepakat bahwa walaupun ada banyak alat yang ada menyediakan metode set-and-forget, otomatisasi SEO adalah proses kompleks yang melibatkan cukup banyak daripada itu. Misalnya mesin dan perangkat lunak hanya bisa melayani sedikit teknis sebagian SEO,  namun pengembangan konten dan pemasaran viral memerlukan tingkat keterlibatan manusia yang lebih tinggi untuk membuatnya bekerja.

Kesimpulan
Optimasi SEO adalah proses yang lebih rumit daripada yang mungkin kita pikirkan, banyak alat untuk pengembangan SEO namun masih ada beberapa tingkat keterlibatan dalam mengembangkan konten. Alat SEO sangat penting dan akan membuat hidup lebih mudah untuk sebagian besar tugas yang teknis, namun demikian alat tersebut tidak akan memberi kita posisi nomor 1 dalam hasil pencarian. Paling banter alat tersebut akan membuat situs kita akan turun lebih rendah dari pencarian, namun manfaat ini akan hilang setelah perubahan algoritme.

Tidak ada program otomatis yang dapat menjamin untuk menggantikan kerja keras dalam tugas pengembangan konten seperti pengeditan konten, penautan inbound operasi dan pemilihan kata kunci karena tidak ada hal yang dapat dicapai dengan benar menggunakan alat alat otomatis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar