Skip to main content

Cara Menjinakkan Burung Kenari


Menjinakkan Burung Kenari Agar Mau Nangkring di Tangan

Tak dapat dipungkiri jika burung kenari merupakan burung yang paling asik untuk dipelihara. Selain keindahan bulunya yang benar-benar menawan dan suaranya yang merdu, burung kenari merupakan burung manja sehingga dapat dijinakkan dan dibiarkan bebas bermain-main di luar kandang. Nah biasanya burung kenari yang sudah jinak dapat dengan mudah diajarkan untuk nangkring di tangan.

Bagi yang sudah memiliki burung kenari, tahukah Anda bagaimana cara menjinakkan burung kenari agar mau nangkring di tangan?

Pada dasarnya menjinakkan burung kenari memang harus dibutuhkan kesabaran dan juga pemilihan bakalan yang benar-benar masih muda atau anakan. Ini dikarenakan pada masa itu, burung lebih mudah dilatih dibanding burung yang sudah dewasa.

Bagaimana teknik menjinakkan burung kenari selengkapnya, silahkan lihat tahapan berikut ini:
1. Burung kenari yang akan dijinakkan sekurang-kurangnya berusia dibawah 8 bulan (piyik)
Hal tersebut dipilih lantaran burung masih mudah untuk dikendalikan. saat akan melatih burung (menjinakkan) sebaiknya menggunakan pakaian yang sama, untuk melatih burung agar terbiasa dengan majikan yang akan melatihnya dan pastikan tidak ada orang lain yang ikut bersama Anda saat menjinakkan burung kenari.

2. Untuk melatih burung kenari agar jinak, selalu gunakan kata-kata untuk mengajaknya melakukan sesuatu.
Seperti: naik, ayo, makan, dan lainnya. Pelatihan baiknya dilakukan dalam waktu 30 menit atau tidak lebih dari 2 jam dan lakukan 2 atau 3 kali istirahat (jedah), agar burung lebih rileks.Waktu paling bagus untuk dia berlatih adalah pagi dan siang hari.

3. Jangan berlaku kasar pada burung kenari. 
Bila anda jenuh maka burung akan gagal untuk di latih, Khusus untuk bakalan kenari yang baru diberi, jangan langsung Anda latih, baiknya biarkan terlebih dahulu 1-2 minggu hingga burung siap untuk dijinakkan.
4. Penjinakan harus dilakukan di dalam sangkar dulu

Di pagi hari keluarkan pakan burung selama 2 jam, kemudian berikan makanannya melalui tangan anda dalam posisi masuk ke dalam sangkar. Jika burung tidak gusar (terbang menghindar) lanjutkan dengan mendekatkan tangan ke arah burung, hingga akhirnya burung menyamperin tangan anda sambil mengambil makanan yang Anda pegang.

Jika nantinya latihan menjinakkan burung kenari dengan memberikan makanan di tangan sudah menunjukkan tanda-tanda keberhasilan, lanjutkan dengan menggerakkan (menggoyang) tangan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa besar keberanian burung dengan sesuatu yang bergerak. Jika burung tidak merasa takut, lalu lanjutkan kembali dengan memasukkan jari telunjuk agar burung mau nangkring di jari Anda.

Bila tahap ini juga sudah lewat, maka yang terakhir adalah cobalah untuk keluarkan burung kenari tapi jangan di pegang, biar keluar sendiri, dan latih di ruangan tertutup, hingga akhirnya burung kenari mau nangkring di tangan Anda dengan sendirinya.

Sumber : merawat-burung.blogspot.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar