Skip to main content

9 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh


Khasiat dan Manfaat Daun dan Umbi Jahe Merah Jahe Merah

Mungkin dari anda sudah sangat sering mengkonsumsi jahe merah, namun saya rasa banyak yang belum tau manfaat dan khasiat jahe merah itu apa saja. Mengingat jahe merah adalah salah satu tumbuhan yang sangat baik untuk memelihara kesehatan kita, disini saya akan sedikit berbagi apa saja manfaat yang terkandung dalam tanaman ini.

Bentuknya memang lebih kecil namun khasiatnya jauh lebih ampuh dari pada jahe gajah ataupun tanaman jahe emprit, mungkin saja banyak dari kita yang masih awam dengan tanaman jenis jahe merah karena yang sering kita lihat dilingkungan sekitar kita kebanyakan adalah jahe gajah dan jahe emprit. Beberapa manfaat jahe yang kita ketahui pada umumnya digunakan sebagai obat pereda batuk dan juga sebagai pelengkap bumbu masak.

Namun tahukah anda manfaat jahe merah yang lainnya??
Manfaat mengkonsumsi jahe merah

Beberapa Manfaat Dan Khasiat Jahe merah,
1. Manfaat Jahe Merah Untuk Mengobati Batuk.
Tidak hanya daun binahong saja yang bisa dibuat untuk di jadikan sebagai obat batuk tradisional, karena khasiat jahe merah juga telah dipercaya orang-orang sejak dulu sebagai salah satu obat batuk tradisional paling ampuh, Jika selama ini batuk melanda keluarga kita, jahe biasanya yang kita gunakan untuk mengobatinya namun kini anda bisa beralihlah dan mencoba jahe merah. caranya cukup mudah, tinggal keprek 2 ruas jahe merah kemudian seduh dengan air panas minum selagi masih hangat campurkan sedikit gula pasir untuk menambah nikmat rasanya.

2. Manfaat jahe merah untuk Meregenerasi sel.
Jahe merah memiliki kandungan Zat farnesol yang berfungsi membantu meregenerasi sel sehingga tubuh selalu dalam keadaan prima. Jadi buat anda yang setiap hari disibukan oleh rutinitas kerja akan sangat baik jika anda rajin meminum wedang jahe merah ini.

3. Khasiat jahe merah untuk membantu mencegah penuaan dini.
Selain untuk meregenarasi sel tanaman jahe merah juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit, sehingga dengan rajin mengkonsumsi tanaman ini dipercaya banyak orang sebagai obat untuk memperlambat proses penuaan dini. Tentunya hal tersebut sangat bagus dikonsumsi oleh para wanita yang ingin tampil selalu cantik dan juga awet muda.

4. Manfaat jahe merah untuk mengatasi ejkulasi dini.
Tahuakah anda ternyata khasiat dari jahe merah sangat bermanfaat untuk pria yang mempunyai masalah dengan kemampuan diranjang. karena dengan mengkonsumsi tumbuhan ini anda dapat mengurangi resiko ejakulas1 dini atau bahkan dapat menyembuhkannya serta membantu ereks1 serta meningkatkan produksi keringat pada tubuh anda

5. Manfaat Jahe Merah Sebagai Antioksidan.
Jahe merah memiliki kandungan Zat clorogenic acid yang merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita yang mampu menangkal serangan radikal bebas. sehingga dengan rajin mengkonsumsi jahe merah kita dapat terhindar dari berbagai serangan virus penyakit yang berbahaya.

6. Khasiat jahe merah untuk mengobati rematik.
Selain buah sirsak, ternyata jahe merah juga dipercaya banyak orang untuk mengobati sakit rematik. Penyakit remati dipucu oleh beberapa hal diataranya adalah perubahan hormon, faktor genetik atau bisa juga disebabkan oleh infeksi virus. secara ilmiah rematik sendiri disebut juga sebagai peradangan sendi kronis.
Cara mengobati rematik menggunakan jahe merah adalah dengan cara merebus jahe merah bersama dengan daun kumis kucing, temu lawak dan juga komfrey, kemudian minum air rebusan pagi hari dan sore hari.

7. Manfaat jahe merah sebagai obat stroke.
Kolestrol jahat didalam tubuh kita yang tertimbun jika dibiarkan begitu saja maka lama kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah yang akhirnya menganggu peredaran darah hal inilah yang memicu serangan stuke. Cara mengobati struke menggunakan jahe merah caranya cukup mudah, siapkan saja daun cermai, jahe merah, pule pandak dan daun mengkudu. masing- masing 30 gr lalu cuci bersih kemudian rebus dengan air sebanyak 5 gelas sisakan 2 gelas lalu saring dan dapat anda minum setiap pagi dan sore hari.

8. Khasiat jahe merah sebagai obat alami untuk mencegah Osteoporosis.
Agar terhindar dari osteoporosis, silakan rebus daun kumis kucing 30gr, kapulaga 10gr, merica 15gr, kacang hijau 30gr kemudian rebus menggunakan 4 gelas air dan sisakan 2 gelas saja. Minum setiap pagi tambahkan madu jika akan diminum.

9. Manfaat jahe merah untuk mengatasi kemandulan.
Zat arginine yang terdapat dalam jahe merah dipercaya dapat dapat mencegah kemandulan, buat ibu- ibu yang susah mendapatkan keturunan bisa mulai mencoba mengkonsumsi tanaman ini.

Meski jahe merah kaya akan manfaatnya namun sebaiknya buat anda yang memiliki masalah dengan kesehatan lambung sebaiknya (maag) jangan mencoba mengkonsumsi tanaman ini, karena rasa pedas hangat pada jahe merah bisa mengakibatkan lambung kita menjadi perih dan juga wanita hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi tumbuhan ini karena dapat merusak janin dan beresiko menimbulkan cacat pada janin anda.

Sebelum anda mengkonsumsi sesuatu sebaiknya cari tahu dulu kekurangan dan apa kelebihannya agar anda terhindar dari berbagai resiko yang mungkin saja terjadi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar