Skip to main content

15 Manfaat Tumbuhan Telang Untuk Berbagai Obat Penyakit


Macam Macam Khasiat Tumbuhan Bunga Telang Untuk Kesehat Tubuh

Bunga kacang telang mempunyai bentuk organ luaran seksual wanita, maka nama latin dari genus ‘Clitoria’ , diambil dari perkataan ‘Clitoris’. Dalam beberapa bahasa (Tamil, Malayalam) bunga kacang telang dinamakan ‘kerang’ yang juga mempunyai bentuk organ seksual wanita. Oleh karena mempunyai kesamaan bahagian tubuh manusia, tanaman ini dikatakan mempunyai pengaruhi kepada sistem pembiakan manusia. Tumbuhan ini digunakan secara tradisional untuk menyembuhkan penyakit seksual, seperti ketidaksuburan, gonore, mengendalikan kitaran menstruasi (haid), dan juga sebagai afrodisiak. Amalan ini dicatatkan dalam sebuah kepercayaan kuno dicatat dalam Doktrin Signatures.

Dalam perobatan tradisional, tumbuhan ini banyak digunakan untuk merawat sakit telinga, kelenjar membengkak, kolik, sembelit, sakit tekak dan penyakit kulit.

Manfaat yang lain Bunga Telang.
1.Menyuburkan rambut
Kacang telang telah dipercayai sangat berkhasiat untuk melebatkan dan menghitamkan rambut, tumbuhan ini juga dipercayai mampu mengilaukan rambut dan juga dapat menyuburkan kulit kepala.

2. Menghilangkan Rasa Sakit Kepala
Daun dan bunga kacang telang juga dikatakan mampu mengurangkan sakit kepala, caranya adalah dengan mengambil daun atau bunga tersebut. Kemudian masukkan dalam kain hingga membentuk bantal dan digunakan sebagai sandaran kepala sewaktu tidur oleh yang mengalami sakit.

3. Menghilangkan Sariawan
Bunga telang dapat mengobati sariawan, rrendam bunga teang dalam air panas dan diminum seperti teh untuk mengurangkan sakit akibat Sariawan

4. Insomnia
Air rendaman bunga ini juga mampu merawat insomnia.

5.Mengobati bisul dan Jerawat
Haluskan daun bunga telang dan ditempelkan pada bisul atau jerawat, ramuan daun bunga telang sangat berkhasiat mengobati jerawat dan bisul

6. Melancarkan Buang Air Kecil
Akar dari bunga telang dapat digunakan untuk melancarkan pembuangan air kecil dan juga dijadikan obat sembelit. Biji kacang telang yang dihaluskan menjadi serbuk dapat digunakan sebagai obat sembelit.

7.Mengobati Sakit Mata
Bunga dan daun kacang telang yang direndam di dalam air hangat bersih, dapat di gunakan untuk mengobati mata merah atau mata yang terkena iritasi

8.Melancarkan Haid 
Rebus Bunga dan akarnya dalam air mendidih, kemudian di isi sedikit gula kemudian di minum untuk melancarkan haid.

9.Merangsang Daya Ingat dan Perkembangan Otak
Di India kacang telang dikenal dengan nama Shankupushpam, telah digunakan secara luas sebagai tonik otak dan dipercayai dapat merangsang daya ingat dan perkembangan otak

10. Pewarna makanan dan textil
Selain digunakan sebagai pewarna makanan, bahan pewarna yang terhasil daripada rendaman bunga kacang telang juga telah digunakan sebagai pewarna textil. Caranyapembuatannya dengan mencampurkan warna dari bunga daun telang ke makanan atau textil.

11. Sebagai detox
Minuman herbal bunga telang dapat hilangkan racing dalam sistem PENCERNAAN, ambil 2 sampai 3 bunga telang lalu rendam dengan air panas. Campur dengan madu atau jeruk untuk membuat rasa ramuan enak.

12. Mengobati batuk
Akar bunga telang dapat mengobati batuk dan asma

13. Obati bronchitis
Rebus 30-60grm Akar telang dengan 4 gelas air sampai jadi 2 gelas. Minum 1gelas 2 kali pada pagi dan malam hari.

14. Mencuci darah
Dapat membersihkan darah yang kotor akibat jerawat dan bisul, Minum air rebusan Akar telang untuk membersihkan darah akibat jerawat dan bisul.

15. Mengobati sakit telinga
Ambil daun telang lalu remas dalam air yang dicampur garam, oleskan pada telinga yang sakit.

Itulah 15 manfaat dari tumbuhan telang, semoga bermanfaat.\
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar