Skip to main content

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


Sumber : Terapisehat.comManfaat Jeruk Nipis - Jeruk Nipis adalah jenis tumbuh tumbuhan masuk ke dalam golongan jeruk, jeruk nipis selain bisa dimanfaatkan sebagai penghilang amis dari daging, penyegar rasa masakan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk kesehatan kita.

Berikut adalah 5 manfaat jeruk nipis yang menakjubkan bagi kesehatan.

1. Jeruk Nipis Baik bagi Kesehatan Wanita. 

Kandungan kalsium dan folat—2 nutrisi yang amat dibutuhkan wanita paska menopause maupun semua wanita pada umumnya. Satu buah jeruk nipis segar mengandung 22 miligram kalsium dan lebih dari 5 mikrogram folat. Cukup luar biasa untuk ukurannya yang mini!

2. Kulit Jeruk Nipis Membantu Melawan Penuaan Kulit.

Kulit jeruk nipis mengandung senyawa penghambat produksi melanin. Seraya usia bertambah dan paparan sinar UV, melanin—pigmen pemberi warna kulit—dapat tumbuh bertumpuk sehingga menimbulkan bintik-bintik di kulit Anda. Rawatlah kulit dengan masker potongan kulit jeruk nipis untuk mengurangi efek penuaan kulit tersebut.

3. Jeruk Nipis Adalah Anti-Karsinogenik.

Senyawa limonoid pada kulit jeruk terbukti mampu mencegah kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker darah. Para ilmuwan telah mengamati bahwa antioksidan limonoid sanggup menyebabkan kematian sel-sel kanker. Senyawa ini pun tetap aktif dalam jangka waktu lama di dalam aliran darah, membersihkan lebih banyak radikal bebas daripada teh hijau ataupun cokelat hitam.

4. Jus Jeruk Nipis Membantu Mencegah Batu Ginjal.

Jus dari perasan jeruk nipis segar mengandung asam sitrat lebih banyak daripada jus jeruk biasa. Asam sitrat merupakan inhibitor alami untuk menghambat pengkristalan kalsium menjadi batu ginjal. Sebaiknya Anda membuat sendiri jus perasan jeruk nipis daripada mengandalkan produk jus komersial yang belum tentu menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utamanya.

5. Jeruk Nipis Mengurangi Kolesterol. 

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam jeruk nipis, yakni hesperidin, telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis, Anda bisa mendapatkan manfaat penurun kolesterol dari senyawa hesperidin.

Sekian Tips Dan Tricks Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar