Cara Melatih Burung Lovebird Balibu Agar Mempunyai Mental Juara
Cara Melatih Burung Lovebird Balibu Agar Mempunyai Mental Juara

Cara Melatih Burung Lovebird Balibu Agar Mempunyai Mental Juara

lovebird balibu

Kelas lovebird baby / balibu (usia di bawah 5 bulan) semakin diminati oleh mania lovebird dalam berbagai acara lomba, latpres, dan latber di Indonesia, beberapa penyelenggara acara (EO) menyebutnya kelas paud lovebird. Kelas ini menjadi penting karena bisa menjadi ajang untuk mengasah mental lovebird sebelum menjadi burung dewasa. Pamor lovebird dalam kicauan burung di Indonesia kini bisa disamakan dengan murai batu, di mana-mana kelas lovebird selalu diisi dengan peserta. Bahkan lebih banyak perlombaan burung yang di buka dari kelas lovebird dan aksi bebas lovebird sebagai varian baru.

Beberapa kicaumania yang aktif di lapangan lebih suka memilih cara praktis membeli lovebird yang sudah sering juara dengan harga fantastis, tetapi beberapa yang lain lebih suka membeli anakan lovebird untuk dilatih dan mengorbit diri mereka sendiri. Selain harga yang lebih terjangkau ada kepuasan yang tak ternilai jika Anda bisa mengorbit hasil perawatan lovebird sendiri.

Bayi Lovebird biasanya dijual di kandang ombyokan tetapi ada juga terutama peternak lovebird dari breed champion yang menempatkan bayi lovebird tertentu di kandangnya sendiri, jika bayi lovebird dijual dalam sangkar Anda harus hati-hati memantaunya sebelum membelinya.

Berikut beberapa panduan atau tips memilih lovebird baby / balibu yang diprediksi memiliki mental yang baik :

1. Lovebird harus lebih sehat dan lebih aktif daripada burung lain dengannya, lovebird yang sehat umumnya dicirikan oleh warna bulu yang mengilap dan perilaku yang lebih lincah dan aktif.
2. Lovebird yang kurang fit / sakit bisa dilihat dari sorot matanya, sering tidur dan kurang aktif.
3. Pilih lovebird yang memiliki leher panjang dan lebar.
4. Bulu dan ekor sayap selalu mengapit dengan erat, dan tidak mekar.
5. Kaki-kaki (betis) halus dan tidak cacat, sedangkan cakar-cakarnya padat sambil mencengkeram bertengger.
6. Matanya tajam, tidak berair, dan tidak "belekan".
7. Burung dapat membuat balasan suara yang lebih nyaring saat mendengar panggilan suara (panggilan) dari mp3.

Untuk melatih kekasih bayi / balibu yang baru dibeli untuk memiliki suara panjang dan mental yang lebih baik, kita dapat melakukan beberapa langkah berikut:

1. Selama 2-3 minggu pertama lovebird harus dipelihara di kandang battery dan gunakan dua tenggeran, masing-masing ditempatkan dekat tempat makan dan tempat air minum. Ini bertujuan untuk membuat burung lebih aktif dan lebih bergerak untuk mencapai pakan dan air minum. Selain itu dapat melatih otot-otot sayap dan dada, sehingga pernapasan lebih panjang.

2. Meski lovebird sudah menggunakan sangkar bundar, sangkar battery bisa dilanjutkan dalam beberapa hari. Dalam hal ini sangkar battery bisa berfungsi sebagai umbaran keramba minimalis.

3. Berikan pakan setiap hari milet putih dengan jagung muda yang manis, setiap beberapa hari lovebird diberikan extra fooding (EF) seperti kale segar, 5 - 6 biji kwaci kupas, dan telur untuk meningkatkan stamina.

4. Biasakan mandi burung di karamba. Bisa juga menyediakan bathtub kecil ke dalam kandang. Mandi teratur dapat membantu lovebird balibu untuk olah napas dan suara. Lakukan penjemuran di bawah sinar matahari untuk mengeringkan bulu, serta untuk membantu menghilangkan kutu atau parasit yang hidup di bulu. Penjemuran secara teratur dengan durasi yang tepat, dapat membuat lovebird muda ini terpikat untuk lebih rajin berkicau.

5. Pelatihan mental lovebird baby dapat dilakukan dengan menggantang kandangnya di tempat yang ramai, seperti di dekat mesin yang bising atau peralatan elektronik, atau tergantung dekat dengan kicau burung hidup lainnya seperti kenari, cililin, tengkek, dan pelatuk.

6. Jangan terlalu sering menggantang lovebird dengan burung yang sama baik muda atau dewasa, ini untuk melatih sifat tarungnya dan mencegah lovebird menjadi latah. Tetapi sesekali (misalnya 2 minggu) lovebird dapat di gantang dengan burung yang sama. Kalau mau burung di gantang tidak jauh dari arena latberan, untuk membangkitkan mental tarungnya sekaligus melatihnya untuk terbiasa dengan suasana balapan.

Dengan melakukan perawatan rutin serta pemberian makan yang tepat dan multivitamin, maka dalam beberapa hari kemudian Anda sudah bisa melihat perkembangannya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.