Skip to main content

Cara Membedakan Burung Kenari Cinamon


Burung kenari cinnamon tidak kalah populer dibanding kenari kenari terkenal lainnya seperti belgia dan yorkshire, burung yang terlihat seperti kenari norwich ini adalah jenis yang sangat langka namun diketahui sangat aktif dan piawai berkicau. kenari cinnamon dikembangkan di Inggris pada awal 1900-an, lalu disilangkan dengan jenis kenari lainnya seperti yorkshire, norwich, dan border, untuk menghasilkan keturunan cinnamon yang lebih kencang. Tapi keturunan yang dihasilkan pada umumnya tidak memiliki intensitas warna burung kenari cinnamon yang sama dengan kenari asli, sehingga British Canary Council memberikannya sebuah nama baru yaitu kenari cinnamon Inggris yang kemudian ditetapkan sebagai jenis yang terpisah.

Secara umum kenari cinnamon memiliki bulu warna dasar yang bervariasi yaitu kuning atau oranye yang dicampur seperti kayu manis merah, jenis yang paling ideal dan banyak dicari adalah kenari yang memiliki coklat kemerahan gelap, kencang, dan mengkilap kekuningan. Cinnamon termasuk spesies kenari yang sangat aktif dan cerdas, induknya sangat andal dalam merawat dan membesarkan anak-anaknya. Menurut peternak kenari di luar negeri, kenari cinnamon memiliki kualitas bulu yang lebih baik dan lebih halus dibanding kenari lainnya.

Seperti kenari norwich, cinnamon adalah jenis kenari yang sangat langka dan umumnya dimiliki atau dijual hanya oleh peternak skala besar, jenis yang beredar di pasaran umumnya hanya turunan kenari cinnamon Inggris atau silang lainnya yang memiliki warna yang sama atau serupa.

Namun kenari cinnamon mudah dibedakan dari jenis kenari lainnya terutama berkenaan dengan penampilan, berikut adalah ciri khas kenari cinnamon antara lain :

1. Rata-rata berukuran panjang 15-16 cm.
2. Tubuh berbentuk bulat dengan bagian dada yang tampak lebar/bidang.
3. Mempunyai bulu-bulu yang halus dan tebal berwarna coklat kemerahan.
4. Mempunyai sayap, ekor dan paruh yang lebih pendek.

Pada umumnya kenari cinnamon dipelihara untuk dikembangbiakkan atau dikawinsilangkan dengan jenis kenari lain untuk menghasilkan keturunan yang memiliki warna-warna unik dan menarik, meski kenari cinnamon memiliki kemampuan bernyanyi yang tak kalah bagusnya dari kenari penyayi lain seperti american singer, namun jarang sekali orang memeliharanya untuk didengarkan suaranya.
suaranya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar