Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Yang Berkicau Monoton
Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Yang Berkicau Monoton

Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Yang Berkicau Monoton

jalan suren kicau monoton

Beberapa jenis burung berkicau diketahui memiliki kemampuan untuk menirukan atau meniru suara dengan baik, salah satunya adalah jalak suren. Dengan suara isian burung akan bernyanyi dengan beragam lagu tersebut, tapi bagaimana kalau burung jalak yang dipelihara bahkan cenderung berkicau monoton? Untuk itu silahkan lihat tips mengatasi kicau monoton burung jalak suren di bawah ini.  Beberapa penggemar burung jalak suren umumnya lebih memilih untuk merawat burung ini sejak masih trotolan, karena pada usia tersebut burung bisa dikuasai dengan suara yang diinginkan pemiliknya. Seperti jenis burung kicau lainnya, burung jalak suren yang pada tahap awal berkicau dengan omelan yang tidak jelas, atau hanya keterampilan kasar. Setelah usianya lebih dari 12 bulan (1 tahun), burung pandai bernyanyi nyaring dan isiannya sangat bervariasi.

Tapi tidak semua jalak suren ingin mengeluarkan suara yang bervariasi, tidak sedikit kicaumania yang mengeluhkan burung jalak suren peliharaannya hanya bersuara monoton dan cenderung ngeriwik. Padahal burung itu sudah cukup mapan.

Berikut beberapa tip yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi jalak suren monoton besuara.

Perlu di ingat burung jalak suren bukan jenis tempur / pejuang seperti kacer dan murai batu, sebagian besar anggota keluarga burung jalak adalah burung koloni. Saat mereka berkumpul mereka berbagi lagu isisan, kondisi ini bisa diaplikasikan untuk melatih burung jalak suren monoton agar bisa mengeluarkan suara yang lebih bervariasi.

1. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan burung jalak suren yang kicaunya menoton dengan burung sejenis yang memiliki suara gacor dan memiliki variasi isian, hal itu bisa memancing burung jalak yang monoton untuk membuat suara kicauan lebih variatif juga.

2. Alternatif lain adalah mempercayakan jalak suren yang monoton ke tetangga atau pedagang yang memiliki burung serupa dan gacor, bisa juga memanfaatkan jenis jalak lain yang memiliki suara gacor seperti jalak kerbau, jalak hongkong, atau jalak suren malaysia.

3. Beri makan ekstra (EF) lebih banyak dosis dari biasanya, EF yang bisa membuat jalak suren mengeluarkan suara rajin antara lain jangkrik, ulat hongkong, dan buah (pisang dan pepaya).

4. Untuk sementara air minum bisa diganti dengan larutan yang menyegarkan sampai burung-burung mau berkicau lebih variatif.

5. Bagaimana dengan penjemurannya? Cobalah penjemuran burung dengan durasi lebih lama dari biasanya, saar di jemur di bawah sinar matahari burung bisa di master dengan memutar suara masteran atau di dekatkan dengan burung jalak suren lainnya.

6. Selain itu jangan pernah lupa menjaga kebersihan dan asesoris kandang, karena burung jalak suren termasuk burung yang jorok.

Itulah beberapa tip untuk mengatasi burung jalak suren yang berkicau monoton, jika ini dilakukan secara teratur, burung bisa mengeluarkan suara yang nyaring dan lebih bervariasi.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.